Jika Terpilih, Bagyo Kerahkan Pengusaha Solo Bantu Rakyat Kecil

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 06 Nov 2020 21:42 WIB
Kedua pasang calon wakil wali kota Solo yang diusung Partai PDIP Gibran Raka Buming Raka dan Teguh Prakoso serta kompetitornya jalur independen Bagyo Wahyono dan FX. Supardjo memasuki hotel tempat acara debat di Solo, Jawa Tengah, Jumat (11/6).
Foto: Agung Mardika
Solo -

Calon Wali Kota Solo nomor urut 2 Bagyo Wahyono bersama pasangannya FX Supardjo (Bajo) memastikan akan menolong rakyat kecil jika terpilih nanti. Salah satunya adalah memberikan bantuan kredit lunak kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Tentang pangan kita nanti akan menghidupkan semua yaitu ekonomi kerakyatan termasuk pasar-pasar tradisional, juga UKM dan UMKM. Semuanya itu akan betul-betul kita dorong, kita bantu juga. Sama juga kita akan memberikan bantuan-bantuan berupa pinjaman lunak," katanya dalam debat Pilkada Solo di The Sunan Hotel, Solo yang juga disiarkan melalui televisi nasional, Jumat (6/11/2020).

Bagyo akan melibatkan semua pengusaha di wilayahnya agar mereka ikut membantu masyarakat kecil. Dia ingin para pengusaha melibatkan pelaku UMKM dalam setiap kegiatannya.

"Nanti kita juga akan meminta kepada semua pengusaha-pengusaha di Solo untuk saya jawil, artinya dia nanti bisa membantu sebagai bapak asuh untuk yang kecil, UKM dan UMKM. Itu nanti saya akan merangkul semua untuk pengusaha-pengusaha yang ada di Solo membantu bagaimana nanti sinergi dengan ekonomi-ekonomi kerakyatan," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong warganya untuk kembali menggunakan pakaian adat demi menjaga budaya Solo. Hal itu juga bertujuan untuk menjaga kepentingan industri yang ada.

"Kita harus juga memulai tentang baju-baju, adat-adat orang Solo itu harus mulai seperti penggunaan batik dan lurik itu juga menyangkut aset-aset untuk kepentingan industri yang ada di kota Solo. Juga nanti saya harapkan harus memulai menggunakan pakaian-pakaian adat yang ada di kota Solo," imbuhnya.

(hns/hns)