Sejarah Danone di RI yang Kena Imbas Seruan Boikot Produk Prancis

Soraya Novika - detikFinance
Minggu, 08 Nov 2020 07:58 WIB
Danone
Foto: REUTERS/Vincent Kessler
Jakarta -

Seruan boikot produk Prancis turut berimbas pada merek dagang Danone Indonesia. Manajemen Danone Indonesia pun langsung angkat suara. Menurut Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, perusahaan itu sejak lama mengembangkan hingga memproduksi produk-produknya di Indonesia.

Bahkan tenaga kerjanya pun orang Indonesia. Sehingga, aksi boikot tersebut ia yakini tak banyak membawa pengaruh terhadap penjualan produknya ke depan, sebab produk-produknya telah lama menjadi kepercayaan banyak konsumen Indonesia.

"Produk-produk kami seperti SGM dan AQUA, adalah produk-produk yang dikembangkan dan diproduksi di Indonesia oleh tenaga kerja Indonesia untuk konsumen Indonesia. SGM sudah hadir sejak 1965, Aqua juga hadir sejak 1973 di Indonesia dan telah menjadi kepercayaan banyak konsumen sampai sekarang," kata Arif melalui keterangan tertulis kepada detikcom, Senin (2/11/2020).

Sebagaimana diketahui, Danone Indonesia terimbas aksi boikot tersebut, karena Danone punya kantor pusat di Prancis.

Bagaimana sejarahnya?

Danone pada dasarnya adalah perusahaan multinasional Eropa yang bermarkas di Paris, Prancis dan didirikan di Barcelona, Spanyol.

Di pasar modal, perusahaan ini terdaftar di bursa Euronext Paris, Prancis, dengan kode saham BN-FR. Selain itu terdaftar pula di bursa saham lainnya yakni ada di Frankfurt Jerman dengan kode saham BSND-FF, ada juga di Milan Stock Exchange dengan kode DNN-IT, London Stock Exchange dengan kode saham 0KFX-GB dan di bursa AS dengan kode perdagangan GPDNF.

Perusahaan ini tidak hanya tumbuh besar di Eropa saja, tapi sudah tersebar di 120 negara di seluruh dunia dengan nilai penjualan mencapai € 24,7 miliar (2017).

Danone hadir dengan bermacam-macam merk di seluruh dunia di antaranya ada Activia, Actimel, Alpro, Danette, Danonino, Danio, evian, Volvic, Nutrilon / Aptamil, Nutricia, Aqua, Blédina, Cow & Gate, Bonafont, Horizon Organic, Mizone, Oikos, Prostokvashino, Sutra, Vega.

lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Kata Danone Indonesia soal Seruan Boikot Produk Prancis"
[Gambas:Video 20detik]