Sejarah Danone di RI yang Kena Imbas Seruan Boikot Produk Prancis

Soraya Novika - detikFinance
Minggu, 08 Nov 2020 07:58 WIB
Danone
Foto: REUTERS/Vincent Kessler

Danone Masuk Indonesia

Danone pertama kali masuk ke Indonesia sekitar tahun 1998 lalu, saat menjalin perjanjian kolaborasi dengan PT Tirta Investama. Melalui Danone Asia Holding Pte.Ltd, keduanya membentuk grup Aqua yang kemudian di tahun 2000 berubah nama menjadi Danone-Aqua.

Selain memproduksi air minum dalam kemasan, Danone juga mengembangkan banyak macam produk lainnya. Setidaknya ada 4 jenis produk Danone di Indonesia di antaranya Produk Susu Segar (Fresh Dairy Product), Nutrisi Awal Kehidupan (Early Life Nutrition), air (Water) dan Gizi Medis (Medical Nutrition).

Berikut daftar lengkap produknya:

1. Aqua

Danone melekat dengan produk Aqua. Hal ini bermula pada 1998, terjadi aliansi strategis antara PT Tirta Investama dengan Danone melalui Danone Asia Holding Pte.Ltd. Pada 2001 Danone meningkatkan kepemilikan sahamnya, sehingga menjadi pemegang saham mayoritas di grup Aqua.

2. Susu SGM

Selain itu ada produk susu, Danone punya kaitan dengan PT Sari Husada Generasi Mahardhika, produsen yang telah berpengalaman puluhan tahun di Indonesia memproduksi produk nutrisi untuk Ibu dan anak Indonesia bersama 400 ahli yang tersebar di 3 pusat penelitian di Belanda, Singapura dan Yogyakarta. Danone Group mengakuisisi Royal Numico pada tahun 2008, menjadikannya sebagai pemegang saham mayoritas di Sarihusada.

3. Vit

PT Varia Industri Tirta merupakan produsen air minum dalam kemasan (AMDK) Vit, Vit merupakan bagian dari PT Tirta Investama yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Danone.

4. Mizone

Produk minuman isotonik ini bagian dari AQUA Grup merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia yang didirikan pada 1973 dan kemudian menjalin kemitraan strategis dengan Danone pada 1998.

5. Nutricia

Nutricia merupakan bagian dari Danone Group dengan kategori bisnis Specialized Nutrition di Indonesia. Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Produknya antara lain Lactamil, Nutrilon Royal. Bebelac, Nutrinidrink MF6, Neocate Advance.



Simak Video "Presiden Prancis Ancam Persulit Hidup Warga, Jubir Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)