Catat Nih! Tips Hindari Diskon Palsu saat Harbolnas 11.11

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 11 Nov 2020 17:10 WIB
Illustrasi Kartu Kredit dan Belanja Online
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto

Ada dua tipe penerapan diskon palsu.

Pertama, lewat ilusi diskon yakni menawarkan diskon besar namun diskon itu sebenarnya diberlakukan setelah menaikkan harga terlebih dahulu. Artinya harga diskon tidak berbeda jauh dari harga normalnya.

Kedua, ada juga yang menerapkan ilusi tanggal, misalnya diskon hanya berlaku hari ini, padahal di hari esok diskon yang sama dipasang kembali. Ilusi tanggal ini membuat pembeli terburu-buru dalam membeli barang tanpa berpikir dua kali.

Nah agar tak tertipu diskon palsu di masa Harbolnas 11.11 ini, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Jangan Langsung Percaya

Ritel online atau offline yang menawarkan diskon besar-besaran yang ada emel-embel 'penawaran terbatas' biasanya menawarkan diskon serupa lebih dari sekali atau bahkan sepanjang waktu.

2. Bandingkan dengan Toko Sebelah

Bandingkan harga yang ditawarkan dengan peritel lain. Checkbook menemukan perbedaan harga dari toko ke toko yang besar untuk barang yang sama. Tidak jarang toko-toko memasang diskon yang harganya dua kali lipat dari toko sebelah dengan produk yang sama.

3. Jangan Terburu-buru

Pikirkan baik-baik seberapa butuh Anda dengan barang tersebut. Lalu, bandingkan dulu harganya dengan toko lainnya. Saat sudah yakin barulah beli sesuai kebutuhan.

Halaman

(eds/eds)