Catat Nih! Tips Hindari Diskon Palsu saat Harbolnas 11.11

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 11 Nov 2020 17:10 WIB
Illustrasi Kartu Kredit dan Belanja Online
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11.11 menjadi hari yang ditunggu-tunggu buat berbelanja murah. Hari ini berbagai e-commerce toko menawarkan berbagai diskon menarik, bahkan sampai banting harga.

Diskon-diskon semacam ini kerap membuat orang gelap mata, buru-buru membeli padahal tak benar-benar membutuhkan barang tersebut.

Namun, ada hal lain yang perlu jadi perhatian. Bisa jadi harga murah yang ditawarkan di berbagai e-commerce itu merupakan diskon palsu.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Consumers' Checkbook, terungkap bahwa beberapa toko menawarkan diskon palsu alias tak benar-benar mengurangi harga produknya saat menawarkan diskon. Harga yang ditawarkan tak jauh beda dari harga biasanya.

Consumers' Checkbook melakukan survei terhadap 19 ritel besar di Amerika selama 10 bulan. Consumers' Checkbook membandingkan harga 20 produk dari masing-masing ritel tersebut yang ditawari dengan diskon besar-besaran secara online maupun offline.

Hasilnya, 17 dari 19 ritel tersebut menerapkan diskon palsu pada beberapa produk yang mereka label diskon.

"Checkbook menemukan bahwa sebagian besar barang-barang ini dapat dibeli dengan harga lebih murah di tempat lain," dikutip dari Consumers' Checkbook, Rabu (11/11/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2