Wow! Alibaba Raup Rp 793 T dari Harbolnas 11.11

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 12 Nov 2020 09:25 WIB
Alibaba Jomblo
Foto: Reuters
Jakarta -

Perusahaan e-commerce asal China, Alibaba mendapat banyak berkah dari festival belanja Singles Day (11.11). Transaksi di platform-nya tembus US$ 56 miliar atau setara dengan Rp 793 triliun (kurs Rp 14.161/US$).

Angka tersebut merupakan tanda kekuatan pemulihan di China, satu-satunya ekonomi utama yang diperkirakan tumbuh tahun ini. Survei dari firma riset pasar Oliver Wyman menemukan bahwa 86% konsumen China bersedia membelanjakan sama atau lebih dari yang mereka lakukan selama Hari Jomblo tahun lalu.

"Ekonomi China telah mengalami pemulihan yang kuat dan perilaku pembelian konsumen China telah kembali ke tingkat sebelum pandemi," kata Analis Forrester, Xiaofeng Wang dikutip dari CNN, Kamis (12/11/2020).

Kinerja ini kemungkinan melegakan Alibaba Group Holding Ltd yang telah kehilangan sekitar 10% nilai pasarnya pada minggu lalu, ketika regulator membatalkan rencana pencatatan saham perdana (IPO) fintech Ant Group.

Acara penjualan ini menjadi terbesar di dunia, melampaui Black Friday dan Cyber Monday di Amerika Serikat, dan berlangsung selama empat hari pada tahun ini. Sejauh ini, Singles Day telah mendatangkan penjualan 16 kali lebih besar berdasarkan nilai pesanan daripada Prime Day global selama dua hari dari Amazon.com pada Oktober lalu.

Jika biasanya festival belanja 11.11 hanya dilakukan dalam satu hari, untuk gelaran yang ke-12 ini Alibaba memperpanjang durasi festival belanja online dari 1 November hingga 11 November. Festival hari jomblo ini diadakan di banyak platform e-commerce milik Alibaba, termasuk Tmall dan Taobao.

Dalam periode promo yang berlangsung selama 10 hari, 13 brand berhasil melampaui GMV 1 miliar Yuan dan 340 brand lainnya mencatat GMV 100 juta, berdasarkan akumulasi dari waktu dibukanya festival belanja online Alibaba pada 1 November 2020 pukul 00.00 waktu setempat.

(fdl/fdl)