Warga China Gila Belanja di Hari Jomblo, Alibaba cs Pesta Cuan

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 13 Nov 2020 21:45 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Ilustrasi/Foto: Internet/ebcitizen.com
Jakarta -

Pesta belanja online dalam peringatan hari jomblo alias Singles Day di China telah memberikan puluhan miliar dolar untuk Alibaba dan perusahaan e-commerce dan ritel lainnya di China. Tahun ini, peringatan hari belanja tahunan itu memiliki makna baru sebagai karya untuk kesuksesan negara dalam memerangi pandemi COVID-19.

Alibaba mengungkapkan pada hari Kamis bahwa penjualan tahunan memecahkan rekor lagi dengan meraup 498,2 miliar yuan (sekitar US$ 75 miliar). Total penjualan itu termasuk periode tiga hari sebelumnya yang ditambahkan untuk meningkatkan penjualan pasca pandemi.

Angka itu meningkat 26% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.China sendiri telah melaporkan pertumbuhan ekonomi yang positif untuk kuartal kedua berturut-turut pada bulan lalu. Hal itu menandakan seberapa cepat ekonomi terbesar kedua di dunia itu pulih dari pandemi.

"Perekonomian China telah mengalami pemulihan yang kuat dan perilaku pembelian konsumen China telah kembali ke tingkat sebelum pandemi," kata Analis Forrester, Xiaofeng Wang dilansir dari CNN, Jumat (13/11/2020).

Bagi pemilik merek dan peritel kini mereka tengah berjuang untuk memulihkan luka yang timbul akibat penutupan toko yang dilakukan selama berbulan-bulan. Kini masyarakat China menjadi secercah harapan bagi mereka. Menurut Wang banyak perusahaan yang telah melipatgandakan pendapatannya dari penjualan di Singles Day.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2