Rambah Bisnis Kesehatan, Amazon Buka Apotek Online

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 17 Nov 2020 22:39 WIB
Logo Amazon, Amazon
Foto: GettyImages
Jakarta -

Amazon baru saja meluncurkan apotek online di Amerika Serikat (AS). Apotek Online itu diberi nama Amazon Pharmacy yang menjual obat-obatan biasa, hingga penebusan obat dari resep dokter.

Dilansir dari Reuters, Selasa (17/11/2020), apotek online ini juga menyediakan layanan untuk membandingkan harga obat yang dijual di situs dan aplikasi Amazon.com. Jika lebih murah atau mahal, pelanggan Amazon Pharmacy bisa langsung melakukan pengalihan pembelian secara langsung, atau bisa berlanjut ke menu checkout.

Lahirnya Amazon Pharmacy ini merupakan kelanjutan upaya perusahaan setelah mengakuisisi PillPack pada tahun 2018. Selama dua tahun terakhir, Amazon telah berupaya keras untuk memperoleh lebih banyak lisensi negara bagian agar bisa mengirim obat ke seluruh negara bagian. Hal inilah yang membuat peluncuran Amazon Pharmacy berjalan lambat.

Di sisi lain, kehadiran Amazon Pharmacy ini telah mengusik para pemain lama industri farmasi. Beberapa kelompok bahkan mengkritik Amazon yang menciptakan Amazon Pharmacy.

Kehadiran platform baru itu akan menyaingi Walgreens Boots Alliance Inc, CVS Health Corp, Walmart Inc, Rite Aid Corp RAD.N, Kroger Co KR.N dan lain-lain.

Meski permintaan obat diprediksi akan melemah, Amazon melihat lonjakan transaksi melalui e-commerce selama periode beraktivitas dari rumah akan menciptakan permintaan obat pada platform barunya.

Namun, apotek online Amazon belum tersedia di Illinois, Minnesota, Louisiana, Kentucky, dan Hawaii.

Sesaat setelah Amazon meluncurkan apotek online-nya, saham Rite Aid Corp RAD.N, CVS Health, dan Walgreens turun sekitar 8% menjadi 12% sebelum bel. Sementara itu, saham Mckesson Corp MCK.N, Cardinal Health Inc CAH.N dan Amerisourcebergen Corp ABC.N turun antara 1% dan 4%.

(hns/hns)