ADVERTISEMENT

Daftar Komisaris BUMN: Dari Politikus Hingga Eks Tim Sukses

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 18 Nov 2020 06:37 WIB
Sejumlah tamu beraktivitas di dekat logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). Kementerian BUMN meluncurkan logo baru pada Rabu (1/7) yang menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. ANATAR FOTO/Aprillio Akbar/nz
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Bukan hanya itu, ia juga tercatat sebagai Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.

Erick Thohir bukan pertama kali mengangkat komisaris dari kalangan politisi. Tercatat, sudah ada beberapa nama dari kalangan tersebut. Bukan hanya itu, ia juga mengangkat beberapa komisaris dari eks tim sukses Jokowi-Ma'ruf. Berikut daftarnya:

1. Rizal Malaranggeng

Politisi Partai Golkar ini diangkat sebagai komisaris PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) pada Juni 2020 lalu. Adik Andi Malaranggeng ini tercatat sebagai penugasan khusus dalam tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf.

2. Lukman Edy

Lukman menjabat sebagai wakil komisaris utama merangkap komisaris independen PT Hutama Karya (Persero). Politikus PKB ini sebelumnya wakil direktur saksi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

3. Zulnahar Usman

Mantan bendahara umum Partai Hanura ini ditunjuk sebagai komisaris PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) pada Februari 2020. Ia sebelumnya pernah menjabat direktur logistik & APK dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

4. Arya Sinulingga

Arya saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN. Arya yang merupakan komisaris PT Inalum (Persero) pernah menjadi juru bicara tim kampanye Jokowi.

5. Arif Budimanta

Politisi PDI Perjuangan ini kini menjabat sebagai komisaris PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BBRI). Sama dengan Arya, ia sempat jadi juru bicara tim kampanye Jokowi.

6. Irma Suryani Chaniago

Irma menjabat sebagai komisaris independen PT Pelindo I (Persero) sejak 20 April 2020. Mantan politikus Partai Nasdem ini juga pernah menjadi juru bicara tim kampanye Jokowi.

Siapa lagi? lanjut halaman berikutnya>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT