ADVERTISEMENT

Catat! Ini Tips Kasih Utang Biar Aman Saat Nagih

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 23 Nov 2020 16:05 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pinjam meminjam uang ke kerabat, teman ataupun saudara sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Namun perkara utang-piutang juga bisa berujung permasalahan serius, bahkan pembunuhan.

Kasus hal seperti itu yang terbaru itu menimpa seorang vlogger Emy Listiyani. Wanita berusia 26 tahun itu ditemukan tergeletak tak bernyawa di semak-semak dekat Jalan Pramuka, Kota Semarang.

Emy menjadi korban pembunuhan. Dia dibunuh oleh seorang pria yang memiliki utang kepada Emy sebesar Rp 11 juta. Pelaku saat ditagih ternyata tidak memiliki uang. Gelap mata akhirnya pelaku membunuh Emy yang datang untuk menagih haknya.

Kasus ini bukanlah satu-satunya. Sudah sering terjadi kasus pembunuhan yang dilakukan dengan alasan ditagih utang.

Kasus-kasus seperti itu harusnya menjadi pembelajaran buat kita bahwa memberikan pinjaman bisa menimbulkan hal yang serius. Oleh karena itu perlu siasat ketika memberikan pinjaman.

Perencana Keuangan Aidil Akbar menjelaskan, jika nominal uang yang kita pinjamkan dirasa tidak besar seharusnya bisa diikhlaskan. Namun jika nominalnya dirasa cukup besar ada langkah-langkah yang seharusnya dilakukan.

"Kalau masalah besaran nominal itu kan setiap orang tentunya berbeda-beda. Kalau dirasa nominalnya besar ya sebaiknya dilakukan perjanjian tertulis," terangnya kepada detikcom, Senin (23/11/2020).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT