Investasi Gagal Bayar Berkedok Arisan Duet, Uang Rp 300 Juta Nyangkut

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 24 Nov 2020 13:24 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock

Itu artinya keuntungan yang diperoleh investor dalam arisan duet/duel itu sebesar Rp 2 juta lebih. Atau dengan kata lain keuntungannya bisa 46% dalam waktu hanya 25 hari.

Namun anehnya informasi terkait penggunaan dana oleh pemilik yang diberikan pemilik arisan ke investor tidak detil. Mereka hanya mendapatkan informasi sosok peminjam melalui grup WA dan bukti transfer.

Linda sendiri sudah ikut di arisan BA milik AAZ itu sejak Agustus 2019. Saat itu dia rajin ikut arisan menurun. Namun seiring berjalannya waktu dia ditawari untuk ikut arisan duel/duet dan akhirnya ikut sejak Juni 2020.

Sudah 3 kali dia ikut arisan duel/duet. Dua kali ikut uangnya kembali beserta keuntungannya. Namun yang ketiga yang seharusnya dia mendapatkan uangnya di 10 Oktober 2020 ternyata tidak kembali. Total kerugian yang dia alami sekitar Rp 30 juta.

"Jadi saya ikut beberapa paket, saya pecah-pecah. Itu pun ikut terus karena ditawari si pemilik juga," ucapnya.

Setelah curiga, Linda berinisiatif untuk mencari investor lainnya yang mengalami hal yang sama. Ternyata ada 21 orang lainnya yang juga mengalami gagal bayar. Kebanyakan dari mereka merupakan 1 almamater di kampusnya. Total uang yang nyangkut diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

Selain itu ternyata si peminjam masih kuliah di kampus yang sama dengan mereka. Tidak jelas uang yang dia pinjam untuk apa. Selain itu ternyata banyak nama sebagai peminjam yang diduga fiktif.

"Kita juga curiga, si peminjam ini ikut terus arisan menurun dan dia selalu minta dapat yang pertama. Jadi kaya dia lagi gali lobang tutup lobang.

Linda dan investor lainnya pun mendatangi AAZ untuk meminta kejelasan. Namun AAZ kini menggunakan jasa pengacara dan mengalihkan kuasanya.

Dalam surat pemberitahuan pengacaranya, pihak AAZ mengakui adanya gagal bayar dari si peminjam. Dalam surat itu AAZ juga menyatakan tak sanggup untuk menalangi dana investor yang dipakai peminjam. Namun pihak AAZ berjanji akan menempuh jalur hukum untuk menagih uang para investor yang dipakai para peminjam.

Meski begitu Linda dan 21 investor lainnya juga berencana menggunakan jasa pengacara. Mereka akan melayangkan somasi kepada AAZ dan arisannya BA.

detikcom sudah menghubungi AAZ melalui pesan singkat. Namun hingga berita ini diturunkan yang bersangkutan belum memberikan respons.


(das/zlf)