Bu Susi Trending di Twitter usai Menteri KKP Ditangkap KPK, Ini Profilnya

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 25 Nov 2020 14:56 WIB
Susi Pudjiastuti
Foto: dok. Pribadi
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bu Susi atau Susi Pudjiastuti, mantan menteri KKP justru yang menjadi trending di Twitter.

Penangkapan Edhy Prabowo itu terkait dengan ekspor benur atau benih lobster. Edhy ditangkap dini hari tadi di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Edhy dikabarkan baru pulang kunjungan dari Honolulu, Hawai'i Amerika Serikat.

Hingga pukul 12.00 WIB, sudah ada 11 ribu lebih cuitan untuk Bu Susi. Cuitan mayoritas meminta Bu Susi atau Susi Pudjiastuti kembali menjadi Menteri KKP.

"Bring her back @susipudjiastuti/Bu Susi. Minister of Marine Affairs and Fisheries," cuit Rudy_widjayah.

Bu Susi atau Susi Pudjiastuti belum memberikan komentar atas permintaan netizen dan ditangkapnya Edhy Prabowo. Terakhir di Twitternya, Susi mengunggah berita bisnis ilegal benur lobster.

Di Instagram, Bu Susi atau Susi Pudjiastuti mengunggah video memperlihatkan dia sedang menari piring di Padang Panjang pada Minggu (22/11/2020).

Berikut profil Bu Susi atau Susi Pudjiastuti:

1. Mantan Menteri KKP

Susi Pudjiastuti merupakan Menteri Perikanan dan Kelautan periode 2014-2019. Dia digantikan Edhy Prabowo sejak sejak 23 Oktober 2019.

2. Lulusan SMP

Susi Pudjiastuti merupakan lulusan SMP. Meski demikian, dia mengambil ujian paket C pada 2018 dengan nilai baik.

3. Bos Susi Air

Bu Susi atau Susi Pudjiastuti memiliki maskapai penerbangan bernama Susi Air. Maskapai ini memiliki banyak rute.

4. Pengusaha Ikan

Susi Pudjiastuti juga dikenal sebagai pengusaha ikan dari Pangandaran. Dia bahkan memulai bisnis dari nol.


5. Bergaya Nyentrik

Susi Pudjiastuti dikenal akan ganyanya yang nyentrik. Dia memiliki tato di kakinya bergambar burung phoenix. Wanita kelahiran 15 Januari 1965 ini juga memiliki kebiasaan merokok.

6. Keluarga

Susi Pudjiastuti mengaku telah menikah dua kali. Dari pernikahannya, Susi memiliki tiga orang anak, yakni Panji Hilmansyah, Nadine Kaiser, dan Alvy Xavier.


7. Terkenal dengan Kata Tenggelamkan

Saat menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Bu Susi atau Susi Pudjiastuti dikenal akan kebijakannya yang tegas terhadap penangkapan ikan ilegal.

Namanya dikaitkan dengan kata 'tenggelamkan' yang mengacu kepada hukuman penenggelaman kapal-kapal asing ilegal di perairan Indonesia.

Tonton video "Respons Susi Pudjiastuti Usai Namanya Jadi Trending di Twitter" di sini:

[Gambas:Video 20detik]



(nwy/pal)