Brasil Cabut Larangan Terbang Boeing 737 Max

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 26 Nov 2020 08:35 WIB
Boeing 737 Max: Uni Eropa, India, Inggris, UAE, dan Malaysia perpanjang daftar yang melarang pesawat ini
Boeing 737 Max/Foto: BBC World
Jakarta -

Otoritas penerbangan Brasil pada Rabu telah mencabut larangan terbang untuk Boeing 737 MAX. Ini artinya pesawat tersebut bisa kembali terbang akhir tahun ini.

Mengutip Reuters, Kamis (26/11/2020), Pencabutan larangan ini mengikuti otoritas penerbangan Amerika Serikat (AS) yang sudah mencabut larangan terbang beberapa waktu lalu.

Pada Selasa, Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa atau European Union Aviation Safety Agency/EASA telah menentukan persyaratan ketat agar pesawat ini bisa kembali terbang.

Sejumlah regulator penerbangan di Eropa memang sedang menunggu keputusan EASA terkait pencabutan larangan ini. Memang Boeing sudah 20 bulan dikandangkan akibat kecelakaan fatal di Indonesia dan di Ethiopia.

Pengawas kelaikan udara ANAC Jose Roberto Honorato mengungkapkan jika ada ketentuan lain untuk mengembalikan MAX ke landasan terbang.

EASA akan mewakili 27 negara di Uni Eropa termasuk Norwegia yang sudah memesan 92 pesawat. Hingga 31 Desember, EASA juga mewakili Inggris yang meninggalkan Uni Eropa pada Januari.

Kanada juga diprediksi bakal mencabut larangan terbang tersebut. Kemudian China masih diliputi ketidakpastian terkait pencabutan larangan ini.

(kil/ara)