Dear Newbie, Ini Lho Tips Investasi Ala Warren Buffett

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 26 Nov 2020 22:21 WIB
Warren Buffett suka fast food
Foto: Getty Images
Jakarta -

Investasi bisa menjadi dunia yang sangat membingungkan bagi orang awam. Mencapai apa yang dibilang kesuksesan dalam investasi bukanlah jalan yang mudah. Tapi itu bisa terjadi jika bisa mengikuti jejak para investor sukses seperti Warren Buffett.

Melansir Forbes, Kamis (26/11/2020), dunia investasi bisa saja diibaratkan sebuah tempat judi. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk berinvestasi, mulai dari saham, emas hingga kripto.

Para pemilik aplikasi layaknya pemilik tempat judi, mereka tidak peduli nasib pemainnya. Selama para investor terus melakukan perdagangan, keuntungan tetap mereka dapat.

Ada juga yang namanya penasihat investasi. Mereka mengelola uang investor dengan biaya yang tidak sedikit. Mereka membuat sebuah portofolio yang sangat rumit.

Mereka juga terkadang memberikan sedikit rasa takut tentang jatuhnya pasar saham dan meyakinkan Anda untuk menghabiskan uang hari tua Anda untuk masuk berinvestasi.

Warren Buffet memiliki cara tersendiri untuk berinvestasi. Dia mengatakan sebagian besar investor, baik institusional maupun individu, akan menemukan cara terbaik untuk memilih saham adalah melalui index fund atau reksa dana indeks.

Itu merupakan nasihat terbaik jika tujuan Anda adalah membangun kekayaan. Bagi investor baru penerapannya sangat mudah.

Buffett pernah berkirim surat di 2013 kepada pemegang saham Berkshire Hathaway. Dia menjelaskan bagaimana dia telah menasehati manajer investasinya untuk mengelola uang yang akan dia serahkan kepada istrinya.

"Taruh 10% dari uang tunai dalam obligasi pemerintah jangka pendek dan 90% di reksa dana indeks S&P 500. Saya yakin hasil jangka panjang dari kebijakan ini akan lebih baik daripada yang dicapai oleh sebagian besar investor yang mempekerjakan manajer dengan bayaran tinggi," ucapnya.

Langsung klik halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2