Pelabuhan Patimban Bakal Ciptakan 200.000 Lapangan Kerja Baru

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 27 Nov 2020 13:50 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat bakal menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Sedikitnya, kata dia akan ada 200.000 ribu kesempatan kerja yang tercipta.

"Kami optimis bahwa Patimban ini bisa memberikan suatu efek yang luar biasa, bahkan kita harapkan paling tidak 200.000 lapangan pekerjaan baru. Oleh karenanya kami mengapresiasi Pemda Jabar, Pemda Subang yang memberikan dukungan," katanya dalam diskusi virtual, Jumat (27/11/2020).

Pihaknya, rencananya juga akan membangun Politeknik Kemaritiman di sana. Menurutnya hal itu dibutuhkan untuk meningkatkan SDM, khususnya anak-anak muda di Jawa Barat dalam hal ini termasuk Subang.

"Kita tahu bahwa kita sudah memiliki 12 sekolah maritim tetapi itu tidak cukup. Kita butuh 3.000 perwira,ratusan pelabuhan membutuhkan itu, ratusan jumlah kapal membutuhkan itu," sebutnya.

Budi menjelaskan bahwa melalui BPSDM Perhubungan, sekolah-sekolah akan meningkatkan kemampuan SDM di sektor perhubungan laut.

"Dan khususnya yang ada di Patimban kita memberikan segala kemampuan untuk sebagai pengelola bahari bagi mereka yang berproduksi. Nelayan pun kita berikan pendidikan, dan juga khususnya operator-operator pendukung dari Patimban itu sendiri," tambahnya.

Rencananya, Pelabuhan Patimban bakal siap melayani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020.

(toy/eds)