Gubernur BI: Masa Kritis Sudah Berlalu

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 03 Des 2020 12:55 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Wrjiyo
Foto: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Wrjiyo (istimewa/BI)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 merupakan akar permasalahan dari kemerosotan ekonomi termasuk di Indonesia. Meski begitu Bank Indonesia (BI) percaya ekonomi Indonesia sedang berproses dalam pemulihan.

Gubernur BI Perry Warjiyo menilai berbagai indikator ekonomi yang berkembang semakin terlihat bahwa ekonomi RI mulai bangkit. Dia juga percaya masa paling sulit dalam pandemi ini sudah terlewati.

"Setelah 9 bulan berjuang keras melawan pandemi COVID-19, Alhamdulillah masa kritis sudah berlalu," ucapnya dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) 2020, Kamis (3/12/2020).

Menurut Perry stabilitas ekonomi saat ini terjaga dan proses pemulihan ekonomi berlangsung. Dia memprediksi tahun depan ekonomi global tumbuh sekitar 5%. Meskipun di akhir tahun ini diperkirakan ekonomi global terkoreksi 3,8%.

Besarnya stimulus fiskal juga diharapkan berdampak positif untuk mendorong perbaikan ekonomi sejak triwulan III-2020 dan diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi ke depan.

Di bidang moneter, menurut Perry kepanikan pasar keuangan global pada akhir Maret dan April 2020 berdampak pada keluarnya investasi portofolio asing dalam jumlah besar dan tekanan pelemahan nilai tukar Rupiah yang sangat tinggi.

Namun dengan komitmen kebijakan stabilisasi yang kuat dari BI, nilai tukar Rupiah menguat signifikan sejak akhir Maret 2020 sehingga mendukung pemulihan ekonomi nasional.

(das/zlf)