Diberi 'Ramuan' Ini, Ekonomi RI 2021 Diprediksi Bergairah Lagi

Pradita Rido Pertana - detikFinance
Kamis, 03 Des 2020 14:56 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo
Foto: Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Sylke Febrina Laucereno/detikcom)
Yogyakarta -

Bank Indonesia (BI) memprediksi perekonomian Indonesia akan pulih pada tahun depan. Selain itu, inflasi tahun depan mengalami perbaikan.

Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo perekonomian global akan meningkat pada 2021. Setelah kontraksi 3,8 persen pada 2020, ekonomi dunia akan tumbuh 5 persen pada 2021.

"Seperti di Tiongkok, Amerika Serikat dan sejumlah negara yang lain, didukung stimulus fiskal dan moneter yang besar, serta mulai meningkatnya mobilitas manusia dan aktivitas perekonomian," katanya dalam webinar 'Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi', Kamis (3/12/2020).

Selain itu, saat ketidakpastian pasar keuangan global mereda, aliran modal asing kembali masuk ke emerging market. Pemicunya antara lain melimpahnya likuiditas global dan rendahnya suku bunga negara maju.

"Tekanan nilai tukar dari dollar AS juga menurun, di dalam negeri perekonomian nasional juga membaik pada tahun 2021," ujarnya.

"Insyaallah ekonomi akan mulai tumbuh positif pada triwulan 4 2020 dan meningkat ke sekitar 4,8 sampai 5,8 persen pada 2021. Pertumbuhan ekonomi juga meningkat di seluruh daerah, didukung kenaikan ekspor dengan perbaikan ekonomi global," imbuh Perry.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2