16 Provinsi Serentak Ekspor Alas Kaki hingga Gazebo Senilai Rp 23 T

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 07 Des 2020 17:03 WIB
Neraca perdagangan pada Oktober 2017 tercatat surplus US$ 900 juta, dengan raihan ekspor US$ 15,09 miliar dan impor US$ 14,19 miliar.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas ekspor terbesar sepanjang tahun 2020 pada akhir pekan kemarin (4/12). Pelepasan ekspor dilakukan bersamaan di beberapa kota sekaligus secara fisik maupun virtual.

Jokowi secara virtual melakukan peresmian peluncuran ekspor di Jakarta. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melepas ekspor di Lamongan bersama dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Wamendag Jerry Sambuaga melepas ekspor secara fisik di Boyolali bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan para pengusaha.

Selain di Boyolali dan Lamongan, ekspor juga dilepas dari Medan, Jakarta, Bontang, Makassar, Bandung dan Lampung. Total ada 16 provinsi yang terlibat.

Untuk produk ekspor yang dilepas cukup beragam, mulai dari makanan olahan, alas kaki, rempah-rempah, produk pertanian, perikanan, kehutanan, furniture hingga barang-barang unik seperti gazebo dan serat kapuk. Total nilai ekspor kali ini mencapai US$ 1,64 Milyar atau Rp 23,75 triliun.

Selain diikuti serentak oleh banyak provinsi, yang menarik dalam pelepasan ekspor tersebut adalah keikutsertaan banyak UMKM dan mereka yang baru pertama kali melakukan ekspor.

Jokowi pun mengapresiasi Kemendag atas hal tersebut namun tetap mengingatkan soal masih banyaknya tantangan yang harus dihadapi.

lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2