3 Fakta Golden Truly yang Kini Tinggal Kenangan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 07 Des 2020 19:00 WIB
Mal Golden Truly di Jalan Gunung Sahari, Jakarta, tutup per 1 Desember 2020. Sempat jadi primadona di Ibu Kota, satu per satu gerai Golden Truly pun kini tutup.
3 Fakta Golden Truly yang Kini Tinggal Kenangan/Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Jakarta -

Golden Truly adalah salah satu pusat perbelanjaan yang sempat hits pada pera 1990an. Akhir tahun ini, Golden Truly mengumumkan untuk menutup toko offline secara permanen.

Melalui akun Instagramnya, Golden Truly mengumumkan masih menjual produk di e-commerce. Namun pionir swalayan Indonesia kini tinggal kenangan kalah dengan swalayan lain.

Berikut fakta-faktanya:

1. Didirikan Pada 1981

Golden Truly didirikan pada 1981. Kemudian kepemilikan pada tahun 2000 diambil alih oleh PT Golden Retailindo Tbk (GOLD) yakni perusahaan yang fokus pada pengembangan department store dan mal.

2. Perjalanan Golden Truly

GOLD juga berganti nama menjadi PT Visi Telekomunikasi setelah melepas kepemilikan Golden Truly dan mengubah portofolio bisnisnya ke sektor infrastruktur pada 2016. Kondisi keuangan Golden Truly yang merugi menjadi alasan GOLD melepas mal dan department store tersebut.

Keputusan untuk ditutupnya Golden Truly mengundang kesedihan tersendiri bagi pengunjung setianya. Hal itu disampaikan lewat komentar di sosial media perusahaan.

3. Bakal Ada yang Susul Golden Truly

Executive Director Retailer Services Nielsen Indonesia Yongky Susilo memprediksi, ritel yang menjadi korban pandemi belum selesai. Diperkirakan bakal ada perusahaan ritel lainnya yang menyusul Golden Truly.

"Saya feeling bahwa masih akan ada lagi kalau ini tidak berhenti. Jadi kita minta masyarakatnya disiplin, tapi ditegasin, malah berantakan, angka kasus naik lagi," ucapnya kepada detikcom.

(kil/ara)