Sri Mulyani Akan Umumkan Cukai Rokok Hari Ini, Naik Atau Nggak Ya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 10 Des 2020 10:43 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani berjalan memasuki ruangan untuk mengikuti rapat kerja tertutup dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/7/2020). Rapat itu membahas surat menteri keuangan terkait perkembangan skema burden sharing pembiayaan pemulihan ekonomi nasional. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini akan memberikan pernyataan terkait kebijakan cukai rokok.

Dari informasi yang diterima, Sri Mulyani akan memberikan keterangan pada hari ini 10 Desember 2020 pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Keuangan akhirnya mengungkapkan penyebab belum adanya kepastian mengenai kebijakan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok untuk tahun 2021.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan penyebabnya adalah pemerintah masih mengkaji sekaligus mempertimbangkan dampak kebijakan tersebut terhadap lima aspek.

Sebanyak lima aspek yang menjadi pertimbangan adalah, prevalensi merokok pada anak-anak dan wanita, kesehatan, tenaga kerja, petani, rokok ilegal, dan terakhir mengenai penerimaan negara.

Menurut dia, pemerintah akan mengumumkan kebijakan tersebut jika waktunya sudah tepat.

"Pasti nanti akan kita keluarkan pada waktunya dan itu tujuannya adalah untuk bisa mencapai tujuan yang paling optimal di dalam objektif yang banyak," kata Sri Mulyani.

(kil/zlf)