Starbucks Tunjuk Wanita Kulit Hitam Jadi Pimpinan Direksi

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 10 Des 2020 11:24 WIB
Logo Starbucks
Foto: Ari Saputra

Sebelumnya Hobson juga menjadi direktur JPMorgan Chase, menjadi ketua dewan direksi di DreamWorks Animation, dan direktur Estée Lauder.

Rencana dalam meningkatkan keragaman perusahaan telah disampaikan Starbucks pada Oktober lalu. Namun, upaya peningkatan keragaman telah ada sejak tahun lalu setelah peristiwa penangkapan dua pria kulit hitam yang sedang menunggu teman di Starbucks Philadelphia menyebabkan keributan.

CEO Starbucks Kevin Johnson meminta maaf atas insiden tersebut dan menutup ribuan lokasi di seluruh negeri untuk pelatihan. Pada 2019 juga perusahaan melakukan penilaian atas komitmennya terhadap hak-hak sipil, keragaman, dan inklusi.

Selain Starbucks, perusahaan lain juga mengupayakan kepentingan keragaman di perusahaan. Seperti Nasdaq, baru-baru ini melayangkan aturan baru yang mengharuskan setidaknya ada satu wanita dan satu anggota minoritas di pimpinan perusahaan.

Prmerintah California juga mengatakan mulai tahun depan perusahaan publik dengan kantor pusat di negara bagian akan secara hukum diharuskan memiliki setidaknya satu anggota dewan dari minoritas di akhir 2021 dan setidaknya dua atau tiga anggota minoritas pada akhir 2022.


(ara/ara)