Rich Brian hingga Raisa Masuk Daftar Artis Paling Berpengaruh se-Asia

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 15 Des 2020 09:40 WIB
Rich Brian Makan Indomie
Rich Brian/Foto: YouTube / 88rising & instagram @brianimanuel
Jakarta -

Sebanyak tiga artis Indonesia masuk dalam daftar 100 Digital Stars yang dirilis oleh Forbes Asia. Mereka adalah Rich Brian, Cinta Laura, dan Raisa.

100 Digital Stars merupakan daftar artis di Asia mulai dari aktor, penyanyi, hingga band yang memiliki pengaruh besar di dunia digital. Hal itu diukur dari jumlah pengikut setia dari berbagai platform media sosial.

Forbes Asia membuat daftar ini dengan mengkombinasikan antara seberapa luas jangkauan dan keterlibatan mereka dari media sosialnya. Selain itu dipertimbangkan juga karier, bisnis, hingga dampak terhadap endorsement brand.

Nah di antara deretan artis Asia besar terselip tiga nama dari Indonesia.

1. Rich Brian

Rapper dengan nama asli Brian Imanuel Soewarno itu tenar dengan debut single berjudul Dat Stick yang sangat viral. Saat itu usianya masih 17 tahun. Pada April kemarin dia merilis salah satu lagunya yang berjudul Bali. Video klip dari lagu itu sudah ditonton hingga lebih dari 8 juta kali di YouTube.

2. Cinta Laura Kiehl

Cinta Laura tahun lalu telah merilis dua single yakni Vida dan Cliente. Kedua video itu telah ditonton hampir 5 juta kali di YouTube. Wanita berdarah Jerman-Indonesia itu juga berkarier sebagai aktris. Saat ini dia memiliki sekitar 8 juta followers di Instagram. Ketenarannya membuat dia mendapatkan endorsement dari berbagai brand seperti Bulgari, Oppo, dan Uniqlo.

3. Raisa Andriana

Penyanyi berusia 30 tahun ini dianggap memiliki pengaruh yang besar di dunia digital. Raisa mampu menjual 10 ribu tiket konsernya dalam waktu hanya 14 jam. Sayang konser yang rencananya digelar pada Juni 2020 terpaksa dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Raisa sendiri memiliki sekitar 40 juta pengikut di media sosial. Video musik dari lagunya berjudul Bahasa Kalbu juga telah ditonton sebanyak 9,5 juta kali di YouTube dan telah diputar 9 juta kali di Spotify sejak dirilis Agustus kemarin.

4. Agnez Mo

Penyanyi dengan nama asli Agnes Monica Muljoto memiliki karir yang cukup mentereng. Dia bahkan sudah berkolaborasi dengan artis internasional seperti Steve Aoki, Chris Brown dan Timbaland. Agnez tercatat memeiliki 47 juta pengikut di sosial media.

Dia menggunakan kekuatan digital itu dengan melakukan kampanye melawan narkoba dan perdagangan manusia. Dia juga merupakan brand ambassador untuk Vivo dan Lazada

(das/ara)