Maskapai Ini Mau Tambah Rute Terbang Bebas Karantina ke Luar AS

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 16 Des 2020 15:25 WIB
FILE PHOTO - A passenger talks on her phone at a Delta Airlines gate a day before the annual Thanksgiving Day holiday at the Salt Lake City international airport, in Salt Lake City, Utah November 21, 2012.    REUTERS/George Frey/File Photo
Foto: REUTERS/George Frey/File Photo
Jakarta -

Delta Air Lines Inc berencana untuk menambahkan lebih banyak penerbangan bebas karantina ke luar negeri. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kembali permintaan sektor penerbangan yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Maskapai penerbangan AS itu dikabarkan telah meluncurkan dua penerbangan bebas karantina untuk rute penerbangan ke Eropa. Namun syarat bebas karantina itu, penumpang harus tes COVID-19 terlebih dahulu.

Penerbangan bebas karantina sebelumnya dibatasi untuk perjalanan penting yang harus memenuhi persyaratan pemerintah. Rute perjalanan pertama yang telah beroperasi dari Atlanta ke Amsterdam pada Selasa (15/12).

"Ini adalah langkah pertama. Fokus kami tidak hanya melintasi Atlantik. Saya pikir kami ingin melihat program serupa di seluruh Pasifik," ujar Wakil Presiden Senior Delta Air Lines, Perry Cantarutti, dikutip dari Reuters, Rabu (16/12/2020).

Bahkan saat vaksinasi COVID-19 dimulai minggu ini di AS dan Kanada, maskapai penerbangan di AS melihat tes COVID-19 sebagai cara tercepat untuk melanjutkan perjalanan internasional tanpa karantina.

Selain uji coba penerbangan bebas karantina ke Amsterdam, Delta Air Lines akan mengoperasikan uji coba penerbangan ke Roma tiga kali seminggu mulai hari Sabtu pekan ini.

Negara-negara lain juga mulai melayangkan penerbangan bebas karantina, seperti Singapura telah mengizinkan sejumlah kecil wisatawan untuk masuk ke negara itu dengan bebas karantina. Selandia Baru juga setuju untuk mengizinkan perjalanan bebas karantina ke Australia pada 2021.

(fdl/fdl)