KADIN Jakarta Barat Diminta Aktif Bantu UMKM

Angga Laraspati - detikFinance
Rabu, 16 Des 2020 17:41 WIB
KADIN DKI Jakarta
Foto: Dok. KADIN DKI Jakarta
Jakarta -

Pandemi COVID-19 telah menghantam keras beberapa UMKM di berbagai kota di Indonesia. Untuk itu, Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Diana Dewi meminta KADIN Kota Jakarta Barat agar dapat lebih berperan membantu UMKM.

"Kondisi ini berbeda dengan dua krisis sebelumnya pada tahun 1998 dan 2008, UMKM tidak dapat bertahan kali ini, untuk itu saya minta KADIN Kota Jakarta Barat dapat lebih berperan membantu UMKM," ujar Diana Dewi dalam keterangan tertulis, Rabu (16/12/2020).

Hal itu diungkapkan saat menghadiri Musyawarah Kota (MUKOTA) VI/2020 KADIN Kota Jakarta Utara yang mengambil tema "KADIN Jakarta Barat Bersama Pemerintah Kota Bersinergi Mewujudkan Pengembangan Potensi Ekonomi Baru di Jakarta Pasca Pandemi COVID-19" dan subtema "Begerak Bersama Menuju Jakarta Sebagai Pusat Bisnis, Jasa Perdagangan dan Pariwisata Melalui UMKM Yang Tangguh dan Berdaya Saing Serta Mandiri Dari Jakarta Barat ".

Selain itu, Diana juga menyoroti tentang tren masyarakat yang terpapar COVID-19 yang cenderung meningkat. Menurutnya, tren tersebut akan berdampak sangat besar terhadap dunia usaha di Jakarta.

"Hal ini bisa diartikan bahwa saat ini kita kembali melaksanakan pengetatan terhadap pelaksanaan PSBB yang saat ini telah diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta," tambahnya.

Saat ini dunia usaha juga sudah mulai menunjukkan aktivitasnya, namun ketika diterapkannya kembali pembatasan membuat gairah dunia usaha mulai meredup. Untuk itu dalam Diana mengajak semua pihak dapat berkomitmen dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Ini harus menjadi perhatian kita bersama apabila kita menginginkan dalam waktu dekat ekonomi kita akan kembali pulih," pungkasnya.

KADIN Jakarta Barat melaksanakan musyawarah kota terakhir di tahun 2020. Musyawarah kali ini mengambil tema "KADIN Jakarta Barat Bersama Pemerintah Kota Bersinergi Mewujudkan Pengembangan Potensi Ekonomi Baru di Jakarta Pasca Pandemi COVID-19"

Selanjutnya pada bulan Februari 2021 akan dilaksanakan kembali rangkaian Musyawarah Kota untuk Kadin Kota Jakarta Pusat, Kadin Kota Jakarta Selatan dan Kadin Kota Jakarta Timur. Diana pun mengundang seluruh anggota KADIN di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur untuk dapat berpartisipasi aktif sebagai peserta dan untuk dapat mencalonkan diri sebagai calon pengurus KADIN tingkat Kota.

(prf/ega)