Jadi Wamentan, Harvick: Jangan Anggap Kehadiran Saya sebagai Beban

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Kamis, 24 Des 2020 15:55 WIB
Kementan
Foto: Dok. Kementan
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (23/12), melantik Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan). Dilantiknya Harvick dinilai akan memperkuat kepemimpinan Kementan di bawah komando Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

"Saya ditugaskan Bapak Presiden untuk membantu agar program-program yang sudah ada dapat berjalan. Rekan-rekan jangan menganggap kehadiran saya sebagai beban," ungkap Harvick dalam keterangan tertulis, Kamis (24/12/2020).

Koordinasi dan sinergi antar kementerian/lembaga negara dan swasta menjadi hal penting dalam menjaga ketahanan pangan. Duet birokrat dan intelektual ini diharapkan dapat mempercepat akselerasi pembangunan sektor pertanian yang selama ini jadi tulang punggung ekonomi nasional.

Harvick dikenal sebagai intelektual dan ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) yang mengurus prekonomian masyarakat NU. Ia juga pernah menjabat Ketua Presidium MPP ICMI Muda dan salah seorang pendiri Koperasi Amanah Sejahtera Bangsa. Kiprahnya diharapkan dapat menyokong cita-cita Mentan SYL untuk memberi nilai tambah pada produk pertanian.

"Tadi saya juga sudah bertemu dengan rekan-rekan Dirjen. Insyaallah saya akan langsung bekerja, Senin besok saya akan mengikuti Rapim. Seperti apa yang sudah dipesankan Bapak Presiden, tentu masalah ketahanan pangan menjadi salah satu poin pembahasan. Target-target dan program mudah-mudahan dapat berjalan" katanya.

Tak hanya Harvick, Presiden Jokowi juga melantik empat wakil menteri lain. Di antaranya, Letjen TNI Muhammad Herindra (Wamen Pertahanan), Edward Omar Sharif Hiariej (Wamenkum HAM), Dante Saksono Harbuwono (Wamen Kesehatan), dan Pahala Nugraha Mansury (Wamen BUMN).

Harvick mengaku sebelumnya tidak mengetahui perihal pengangkatan dirinya sebagai Wakil Menteri Pertanian.

"Saya dihubungi H-1, Presiden meminta saya untuk membantu Pak Syahrul. Mohon doanya dari teman-teman masyarakat tani semuanya agar saya bisa bekerja dengan baik," tutupnya.



Simak Video "Sambut Musim Tanam, Wamentan Pastikan Stok Pupuk Subsidi Cukup"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)