Begini Situasi Rapid Test Antigen di Bandara Soetta

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 24 Des 2020 20:15 WIB
Rapid Test Antigen di Bandara Soetta
Foto: Rapid Test Antigen di Bandara Soetta (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta -

PT Angkasa Pura II (Persero) menyediakan fasilitas rapid test antigen dan PCR test untuk calon penumpang yang tersebar di sejumlah titik. Fasilitas ini terbagi menjadi tiga kelompok yakni drive thru, pre order dan walk in customer.

Berdasarkan pantauan detikcom, Kamis (24/12/2020), layanan tes COVID-19 relatif lengang untuk semua layanan. Pada layanan pre order di dalam Terminal 3 misalnya, tak tampak antrean yang menumpuk. Di sana, yang terlihat hanya beberapa orang yang sedang menjalani pemeriksaan dan lebih banyak bangku kosong.

Di meja pelayanan terdapat sejumlah petugas yang siap mendata dan melakukan pemeriksaan. Mereka semua lengkap menggunakan alat pelindung diri.

Hal yang sama terlihat pada layanan tes COVID-19 untuk walk in customer atau pemeriksaan langsung di tempat. Salah satu layanan yang terletak di sisi luar Terminal 3 juga tak tampak antrean panjang. Di sana tampak banyak kursi-kursi yang kosong,

Layanan test COVID-19 drive thru juga demikian. Beberapa petugas standby wilayah parkir Terminal 2. Namun, tak bayak orang yang melakukan pemeriksaan tes COVID-19.

Salah satu penumpang, Sindy Dahlan memanfaatkan layanan pre order di Bandara Soetta. Wanita yang berencana ke Bali ini mengatakan, layanan tersebut mempermudah dirinya untuk berpergian. Lewat layanan pre order, dia bisa mengatur waktu pemeriksaan tes COVID-19.

"Data dulu, kita rencanakan penjadwalan kita sebelumnya, jadi di sini langsung nunjukin data yang kita input," katanya.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengimbau agar calon penumpang memanfaatkan layanan pre order. Sebab, layanan ini memberikan kepastian waktu dibanding walk in.

"Karena mereka melakukan booking untuk jam tesnya. Beda dengan walk in mereka datang, mereka harus menunggu antre dan lain sebagainya," ujarnya.

Kemudian, calon penumpang bisa memilih lokasi untuk tesnya. Misal, penumpang akan terbang lewat Terminal 2, maka mereka akan diarahkan untuk tes di Terminal 2.

"Kemudahan dan kenyamaan, untuk hal-hal tertentu kepadatan itu menimbulkan antrean panjang dan tidak nyaman, tapi kalau sudah tahu, kami melalui mekanisme pre order," sambungnya.

(acd/dna)