Awas! 5 Hal Ini Harus Diwaspadai Biar Nggak Ketipu

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 30 Des 2020 12:20 WIB
Woman using smartphone. The concept of using the phone is essential in everyday life.
Ilustrasi/Foto: iStock

4. Diminta Bayar Biaya Tambahan

Penipuan di masa pandemi terkait stimulus akan menawarkan pemrosesan dengan cepat dengan menawarkan tambahan biaya. Biasanya penipu akan meminta korban untuk membayar melalui kartu kredit atau debit.

Selain itu ada juga penipu yang menawarkan tambahan stimulus atau bansos. Penipu akan meminta korban membayar uang muka di awal. Hal ini yang harus dihindari sebab syarat itu tidak ada untuk semua stimulus atau dana bantuan pemerintah.

5. Pemeriksaan Bantuan

Penipuan yang akan banyak terjadi di awal 2021 yakni pemeriksaan palsu. Penipu akan menyamar sebagai petugas atau lembaga pemerintah yang memeriksa bantuan yang telah dikirimkan kepada masyarakat.

Menyamar sebagai petugas dari pemerintah, penipu akan menghubungi korban dan memberikan informasi kalau jumlah yang ditransfer salah atau kelebihan. Nanti korban akan dipaksa untuk mengembalikan dana tersebut.

Jika mendapatkan telepon atau pesan seperti itu Anda diharapkan bisa memeriksa ulang bantuan yang telah Anda terima dan cek lembaga terkait. Cek juga agensi yang disebutkan oleh penipu.


(ara/ara)