Miliarder Inggris Caplok Perawatan Kulit Online AS Rp 4,9 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 30 Des 2020 14:18 WIB
womans hand touching on the cream for applying
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Pengusaha dan miliarder asal Inggris Matthew Moulding mengakuisisi perusahaan perawatan kulit online Dermstore. Perusahaan itu merupakan anak usaha dari raksasa ritel Amerika Serikat (AS) Target Corporation.

Melalui e-commerce miliknya Hut Group, Moulding membeli Dermstore seharga 259 juta poundsterling setara Rp 4,9 triliun (kurs Rp 19.048). Setelah kesepakatan ini dilayangkan saham Hut melonjak 9%.

Dikutip dari BBC, Rabu (30/12/2020) bertambahnya nilai saham Hut, menambah kekayaan Moulding yang berhasil mengantongi pembayaran saham sebesar 1 miliar poundsterling. Pembayaran itu menjadi terbesar dalam sejarah perusahaan Inggris.

Molding mengungkap pembelian Dermstore akan meningkatkan strategi bisnis dalam dunia kecantikan. Terutama dalam meningkatkan hubungan dengan merek kosmetik ternama lainnya di dunia.

Hut Group telah berkembang pesat dengan mengambil alih merek kecantikan. Kini e-commerce itu terus mengoperasikan platform online merek lain termasuk Glossybox, MyProtein, Honda, dan Nestle.

Baru-baru ini Hut Group juga dikabarkan telah membeli produsen produk nutrisi asal Inggris, Claremont Ingredients dan David Berryman dengan total harga 59,5 juta poundsterling. Claremont Ingredients merupakan produsen makanan dan minuman bernutrisi, sedangkan David Berryman produsen produk berbahan buah-buahan.

E-commerce Hut Group didirikan Moulding di Manchester pada tahun 2004 dengan modal awal dari menjual sebuah CD. Sekarang e-commerce Hut Group telah menjalankan lebih dari 100 situs web dan menjual berbagai merek dari kosmetik hingga suplemen protein.

Selain pembayaran sahamnya sebesar 1 juta poundsterling, Molding mendapat gaji pokok sebesar 750.000 poundsterling setahun, naik dari 318.000 poundsterling pada 2019. Dia berkomitmen untuk menyumbangkan gajinya untuk amal.

(ara/ara)

Tag Terpopuler