Belum Ada Tol, Ini Akses Mudah Menuju Pelabuhan Patimban

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 07 Jan 2021 13:44 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Kementerian Perhubungan mengatakan akses menuju Pelabuhan Patimban sangat mudah meskipun hingga kini belum memiliki jalan tol yang langsung tersambung dengan pelabuhan.

Menurut Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo dengan akses yang ada sekarang, menuju Patimban dari beberapa kota besar yang mengelilinginya tidak butuh waktu hingga dua jam. Untuk truk kontainer kemungkinan paling lama hanya tiga jam.

"Kalau dari Jakarta, Bandung, atau Cirebon, ke Pelabuhan Patimban hanya dicapai kurang dari dua jam, tentu kalau truk besar kargo bisa sekitar 3 jam lah. Pelabuhan ini lokasinya di tengah Jakarta, Cirebon, dan Bandung, ini triangle strategis," ujar Agus dalam public expose Pelabuhan Patimban, Kamis (7/1/2021).

Agus menjelaskan akses mudah menuju Pelabuhan Patimban, bagi pengguna jalan tol Jakarta-Cikampek akan keluar menuju jalan nasional Pantura di Gerbang Tol Dawuan. Dari gerbang tol menuju ke jalan Pantura jaraknya sekitar 4 km.

"Jadi kalau di jalan tol dari Jakarta atau Bandung, keluar dekat Cikampek, di situ ada Gerbang Tol Dawuan. Dari sana keluar, jalan 4 km menuju ke Pantura," papar Agus.

Kemudian telusuri jalan Pantura hingga menuju gerbang masuk jalan akses Pelabuhan Patimban di daerah Subang. Dari gerbang jalan akses akan melewati jalan sepanjang 8 km menuju pelabuhan.

"Kemudian dari Pantura, masuk ke access road, itu sudah ada jalan khusus ke Patimban. Semua sudah siap, jadi dari jalan Pantura ke dalam pelabuhan ada 8 km," ujar Agus.