Klik https://dtks.kemensos.go.id untuk Cek Nama Penerima Bansos Sembako

Rosmha Widiyani - detikFinance
Minggu, 10 Jan 2021 14:51 WIB
Ilustrasi Subsidi Bunga
Foto: shutterstock/Klik https://dtks.kemensos.go.id untuk Cek Nama Penerima Bansos Sembako
Jakarta -

Cek penerima bansos sembako sudah bisa dilakukan masyarakat umum di link https://dtks.kemensos.go.id. Program kartu sembako/BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai disalurkan Januari hingga Desember 2021 melalui Himpunan Bank Negara atau HIMBARA.

"Bagi penerima yang sakit, lanjut usia, dan penyandang disabilitas berat, bank-bank tersebut akan mengantarkan langsung ke tempat tinggal masing-masing," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dikutip dari situs Kemensos dilihat detikcom pada Sabtu (9/1/2020).

Bagi masyarakat yang ingin melakukan cek penerima bansos sembako tentunya tidak sulit. Masyarakat cukup membuka situs DTKS dan mengisi informasi dalam kolom yang tersedia. Informasi juga tersedia untuk bansos lain.

Cara cek penerima bansos sembako:

1. Klik https://dtks.kemensos.go.id

2. Pilih Daftar Ruta DTKS

3. Isi Filter Wilayah yang terletak di sebelah kiri saat menghadap gadget

4. Masukkan kode yang tercantum di halaman situs DTKS

5. Klik Cari Rumah Tangga (ruta).

Penerima bisa memanfaatkan fitur Cari yang terletak di sebelah kanan atas, setelah mengisi Filter Wilayah. Selain itu, penerima juga telah mengklik tombol Cari Rumah Tangga.

Cek Nama Penerima Bansos SembakoCek Nama Penerima Bansos Sembako Foto: dtks kemensos

Informasi cek penerima bansos sembako di link https://dtks.kemensos.go.id mencantumkan tiga jenis bantuan yang diperoleh masyarakat. Ketiganya adalah Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Pangan (BSP), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Masyarakat yang tercantum dalam https://dtks.kemensos.go.id setelah cek penerima bansos sembako akan menerima Rp 200 ribu per bulan per KPM. Pemerintah menargetkan bantuan diterima 18,8 juta KPM dengan total anggaran Rp 45,12 triliun.

Risma mengingatkan penerima program bansos sembako, agar bantuan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bantuan untuk masyarakat yang namanya tercantum dalam https://dtks.kemensos.go.id jangan sampai digunakan untuk membeli barang minim manfaat.

Uang bansos sebaiknya dibelanjakan di e-warung setempat untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Pangan terdiri atas karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sumber vitamin dan mineral sesuai kebutuhan tubuh.



Simak Video "Update Penyaluran Bansos untuk Pemulihan Ekonomi Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)