New York Mau Setop Bisnis dengan Trump Organization

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 14 Jan 2021 10:29 WIB
A woman holds a cut out of President Donald Trumps face Wednesday, Jan. 6, 2021, in Washington, at a rally in support of President Donald Trump called the Save America Rally. (AP Photo/Jacquelyn Martin)
Foto: AP/Jacquelyn Martin
Jakarta -

Kota New York sedang berusaha untuk mengakhiri hubungan bisnis dengan Trump Organization. Keputusan itu diambil sebagai respons atas serangan para pendukung Trump di U.S. Capitol pekan lalu. Tepatnya karena Presiden Donald Trump dianggap berperan menghasut para pendukungnya untuk melakukan aksi rusuh di gedung tersebut.

Pejabat di New York City langsung mengumumkan rencana untuk mengakhiri kontrak dengan Trump Organization yang mengoperasikan Trump Golf Links di Ferry Point, Central Park Carousel dan arena seluncur es Wollman Rink dan Lasker.

"Serangan terhadap US Capitol menewaskan seorang petugas polisi, menewaskan empat perusuh, membuat anggota parlemen terpapar COVID-19 dan mengancam pemindahan kekuasaan konstitusional," kata kota itu dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNN, Kamis (14/1/2021).

"Mereka adalah kekejian nasional. Kami sedang meninjau apakah ada dasar hukum sehubungan dengan keadaan baru ini untuk mengakhiri konsesi dengan Trump Organization," sambungnya.

Sejumlah bisnis swasta juga mengumumkan rencana serupa. Mereka enggan berbisnis dengan Trump Organization. Mereka termasuk dua bank ternama, Deutsche Bank dan Signature Bank, pemroses kartu kredit Stripe, tidak lagi memproses pembayaran kartu kredit untuk kampanye Trump, Shopify, berhenti mengoperasikan toko online untuk Trump Organization dan kampanye serta PGA dari Amerika, yang mengumumkan akan menarik turnamen golf besar dari salah satu lapangan Trump.

Salah satu perusahaan jasa real estate global yakni Cushman & Wakefield (CWK) juga menyatakan aksi serupa.

"Kami telah membuat keputusan untuk tidak lagi melakukan bisnis dengan The Trump Organization," menurut juru bicara perusahaan itu.

Selama bertahun-tahun, Cushman telah menangani beberapa properti perkantoran dan ritel untuk Trump Organization termasuk Trump Tower di New York City, Trump Plaza, Trump Building di 40 Wall Street dan Trump International Hotel and Tower di Chicago.