Sandiaga Sering Dicurhati Sampah hingga Toilet Kotor di Tempat Wisata

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 14 Jan 2021 17:30 WIB
Sandiaga Uno (Iswahyudi/20detik)
Foto: Sandiaga Uno (Iswahyudi/20detik)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaku dirinya sering mendapatkan keluhan soal kebersihan di beberapa daerah wisata yang ada di Indonesia.

Sandiaga mengaku keluhan datang kepadanya soal daerah wisata yang pengelolaan sampahnya kurang baik. Bahkan, ada beberapa juga keluhan soal toilet yang kotor.

"Ini banyak juga keluhan daerah wisata itu banyak sampah, ada juga keluhan toilet kotor, dan lain sebagainya," ujar Sandiaga dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Kamis (14/1/2021).

Mengatasi hal itu, dia mengatakan kini pihaknya punya program unggulan dengan nama BISA. Maksudnya, membuat kawasan wisata menjadi bersih, indah, sehat, dan juga aman.

"Kita punya program unggulan untuk pemulihan destinasi dengan gerakan BISA, yaitu bersih, indah, sehat, dan aman," kata Sandiaga.

Di sisi lain, dia mengatakan pemulihan kawasan pariwisata juga mesti dilakukan dengan pembangunan infrastruktur yang futuristik. Dia mencontohkan hal itu sudah dilakukan di Danau Toba. Misalnya saja penataan kawasan wisata Parapat dan juga pembangunan beberapa pelabuhan kecil di sekitar Danau Toba.

"Infrastrukturnya juga harus kekinian, ini udah mulai dibangun di Danau Toba misalnya. Ini penataan dari PUPR juga sudah futuristik, ini ada pelabuhan Ajibata, lalu penataan kawasan wisata Parapat," ujar Sandiaga.

"Danau Toba ini super prioritas yang kita harapkan jadi destinasi yang berkualitas," katanya.

(dna/dna)