Kunjungan Tim Tesla ke RI Diundur ke Februari, Apa Sebabnya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 14 Jan 2021 21:20 WIB
Produsen mobil listrik Amerika Serikat, Tesla membangun pabrik baru di Jerman. Lokasi pembangunan pabrik berada di hutan di Gruenheide, Berlin.
Foto: Getty Images/Sean Gallup
Jakarta -

Kunjungan tim Tesla ke Indonesia mengalami kemunduran jadwal. Rencananya, bulan Januari CEO Tesla Elon Musk akan menginstruksikan timnya untuk menyambangi Indonesia pada Januari 2021 sebagai tindak lanjut rencana investasi.

Namun, rencana tersebut kemungkinan akan mundur pada bulan Februari. Jodi Mahardi, Jubir Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan tim Tesla tidak jadi berkunjung pada bulan Januari karena adanya kebijakan restriksi warga asing untuk masuk ke Indonesia.

Jodi menambahkan rencana kedatangan tim Tesla di bulan Februari pun masih akan melihat apakah kebijakan restriksi warga asing akan diperpanjang atau tidak.

"Ya rencananya menjadi awal Februari tapi tetap akan tergantung apakah kebijakan restriksi WNA berkunjung ke Indonesia masih berlaku atau tidak," kata Jodi kepada detikcom, Kamis (14/1/2021).

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan melarang warga negara asing masuk ke Indonesia sejak awal tahun 2021. Hal itu dilakukan guna mencegah strain virus Corona baru.

Awalnya, kebijakan ini berlaku hingga 14 Januari, atau hari ini. Namun, beberapa hari lalu Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah memperpanjang larangan ini hingga 14 hari ke depan.

"Pemerintah diketahui meningkatkan pembatasan kegiatan masyarakat antara tanggal 11 sampai 25 Januari, namun sebelum itu tadi Bapak Presiden menyetujui untuk pelarangan WNA masuk ke Indonesia diperpanjang. Jadi yang sekarang 1 sampai 14 diperpanjang 2 kali 7 hari, sehingga tentu 14 hari lagi diberlakukan," ujar Airlangga dalam jumpa pers, Senin (11/1/2021).

Kembali ke rencana kunjungan tim Tesla ke Indonesia, kunjungan ini dilakukan untuk menindaklanjuti pembicaraan Presiden Joko Widodo yang saat itu didampingi Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan dengan Elon Musk soal investasi Tesla ke Indonesia.

Jokowi dan Elon Musk yang tak lain adalah bos Tesla, telah bertukar informasi mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik dalam pembicaraan itu. Jokowi juga menawarkan Indonesia sebagai tempat peluncuran roket Space X.

"Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Sabtu (12/12/2020).



Simak Video "Langkah Jokowi Pepet Investasi ke Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)