Tips Melunasi Utang Kartu Kredit Tanpa Cemberut

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 18 Jan 2021 16:15 WIB
Illustrasi Kartu Kredit
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk fokus membayar utang kartu kredit yang telah terpakai pada bulan-bulan sebelumnya. Terutama saat pandemi COVID-19 sebelumnya banyak orang yang menggunakan kartu kredit memenuhi kebutuhan.

Mungkin orang yang tidak kena PHK akan mudah untuk membayar utang kartu kredit. Namun, orang yang kehilangan pekerjaan dan mengalami situasi yang buruk pada keuangannya akan menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan. Dengan keadaan keuangan buruk, akan sulit untuk membayar tagihannya.

Mengutip The New York Times, Senin (18/1/2021) berikut beberapa tips melunasi dan mengelola utang kartu kredit.

1. Pilih Prioritas Utang Kartu Kredit yang Harus Dibayar

Rekomendasi pertama, jika Anda memiliki banyak kartu direkomendasikan untuk melunasi kartu dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu. Sementara, perencana keuangan lain menyarankan untuk melunasi yang memiliki saldo terkecil, yang dapat memberi Anda rasa pencapaian dan mendorong Anda untuk terus maju.

Keduanya tergantung prioritas masing-masing mana yang lebih penting. Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengkonsolidasikan utang kartu kredit, mungkin dengan pinjaman pribadi dengan suku bunga yang lebih rendah untuk membuat pembayaran lebih terkelola.

Lebih baik lagi jika menemukan kartu kredit dengan tawaran tanpa bunga, itu bisa menjadi pilihan baru. Namun, sejauh ini jarang bank yang menawarkan hal itu. Kini dominan tersedia cenderung memiliki jangka waktu pembayaran yang lebih pendek dan membawa biaya transfer yang lebih tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2