ADVERTISEMENT

Anak Usaha BUMN Genjot Produktivitas Jagung, Begini Caranya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 19 Jan 2021 20:15 WIB
Jagung berjamur
Ilustrasi/Foto: Thinkstock

Sedangkan tugas Petrokimia Gresik adalah sebagai koordinator sekaligus menyediakan pupuk dan pestisida, melalui anak perusahaan yaitu PT Petrosida Gresik dan PT Petrokimia Kayaku.

Sementara itu, menurut Kementerian Pertanian kebutuhan pupuk petani berdasarkan usulan Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK) mencapai 23 juta ton. Sedangkan, pada tahun 2021 pemerintah hanya mengalokasikan pupuk bersubsidi sebesar 9 juta ton plus 1,5 juta liter pupuk organik cair.

"Untuk itu, Petrokimia Gresik berkomitmen menyukseskan program Agro Solution ini dengan memberikan pendampingan secara komprehensif, khususnya melalui penggunaan pupuk non-subsidi," katanya.

Dalam program ini, Petrokimia Gresik mengaplikasikan pupuk non-subsidi NPK Phonska Plus. Berdasarkan uji aplikasi dengan menggunakan dosis pemupukan berimbang 5:3:3 atau 500 kilogram pupuk organik Petroganik, 300 kilogram Phonska Plus, dan 300 kilogram Urea untuk per 1 hektar tanaman jagung, hasil panen lebih tinggi 25% atau 2,5 ton per hektar pipilan kering dibandingkan dengan penggunaan pupuk NPK Phonska subsidi.

"Kami menyediakan pupuk NPK dengan kualitas lebih baik namun dengan harga terjangkau," ujar Digna.

Ia pun berharap produk pupuk Petrokimia Gresik dapat menjadi andalan bagi petani di Kabupaten Lombok Timur, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani setempat serta menegaskan NTB sebagai salah satu provinsi sentra produksi jagung nasional. Selain untuk industri pangan, terutama pakan ternak, jagung juga digunakan oleh sektor agroindustri lainnya, seperti industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

Selain mensuplai sarana produksi pertanian berupa pupuk dan pestisida, dalam kesempatan yang sama Petrokimia Gresik juga memberikan bantuan berupa 2 (dua) unit kultivator dan 15 unit hand sprayer kepada petani setempat.

Bantuan ini merupakan bagian dari program Petrokimia Gresik Peduli & Berbagi di mana Petrokimia Gresik berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, khususnya petani Indonesia.

Digna berharap bantuan ini dapat memudahkan petani setempat dalam menjalankan usaha pertaniannya untuk menyukseskan program Agro Solution, yang tentunya akan meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani.

"Kami optimis program ini akan membawa pertanian Indonesia semakin maju, sehingga dapat menjadi solusi ketahanan pangan nasional sekaligus kesejahteraan petani di Indonesia," ujarnya.


(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT