Menyoal Melonjaknya Kekayaan Elon Musk, Gara-gara Donald Trump?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 23 Jan 2021 13:30 WIB
Elon Musk
Foto: Instagram
Jakarta -

Pendiri Tesla, Elon Musk kini menjadi miliarder di Amerika Serikat (AS). Jumlah kekayaannya melonjak seiring dengan naiknya harga saham Tesla.

Forbes mencatat, sejak Donald Trump menjabat pada 20 Januari 2017 dan masa jabatannya berakhir pada 19 Januari lalu, kekayaan Musk mencatatkan nilai yang fantastis, yakni US$ 170 miliar.

Memang saham Tesla telah naik 1.625% sejak empat tahun terakhir. Kekayaan Musk pun terus meroket dan tak terkendali.

Musk dan Trump diketahui memiliki hubungan kerja. Saat itu Musk bertugas menjadi dewan penasihat Trump yang mengadvokasi kelestarian lingkungan.

Namun saat 2017 ketika Trump mengumumkan AS menarik diri dari perjanjian iklim Paris, Elon Musk memutuskan untuk angkat kaki dari tim Trump.

"Perubahan iklim itu nyata, meninggalkan Perjanjian Iklim Paris tidak tepat untuk AS dan dunia," ujar Musk saat itu, dikutip dari Forbes, Sabtu (23/1/2021).

Baru-baru ini Trump sempat memberikan pujian untuk Musk sebagai orang jenius yang hebat. Trump juga memberikan dukungan penuh untuk SpaceX dan kendaraan listrik.

Memang keuntungan yang didapatkan Trump bukan didapatkan langsung dari Trump. Namun selama empat tahun terakhir, Tesla berhasil mengambil hati para investor dengan memperkenalkan kendaraan baru, meningkatkan jumlah pengiriman dan mengecoh ekspektasi analis.

Apalagi setelah Presiden Joe Biden terpilih dan didukung oleh Kongres Demokrat. Hal ini memungkinkan agenda perubahan iklim dan menuju green energy.

Saham Tesla naik lebih dari 100% selama tiga bulan terakhir. menandakan antisipasi investor bahwa pemerintahan Biden akan lebih bersahabat dengan kendaraan listrik.

(kil/eds)