Ini Profil Pangeran Arab yang Mau Investasi Rp 850 M di Usaha 'Ikan Tiruan'

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 25 Jan 2021 13:51 WIB
Khaled bin Alwaleed/Khaled bin Alwaleed
Foto: Khaled bin Alwaleed/Khaled bin Alwaleed
Jakarta -

Pangeran Khaled bin Alwaleed bin Talal Al Saud melalui KBW Ventures berinvestasi sebesar uS$ 60 juta atau sekitar Rp 850 miliar di perusahaan yang memproduksi 'ikan tiruan'.

KBW Ventures merupakan perusahaan yang menyalurkan pembiayaan ke banyak perusahaan rintisan di berbagai negara.

Khaled merupakan seseorang yang peduli dengan gaya hidup sehat dan pola makan plant based.

Dikutip dari khaledbinalwaleed.com, Senin (25/1/2021), disebutkan Khaled lahir di California dan mulai masuk ke filantropis karena sang ayah.

Dia mulai berinvestasi di sejumlah bisnis rintisan hingga investasi di sektor konstruksi. Khaled fokus pada inovasi dan stabilitas perekonomian.

Khaled juga fokus bisnis pada sektor real estat dan properti. Dia menjabat sebagai Wakil Ketua Arada yakni sebuah perusahaan pengembangan yang berbasis di UEA.

Arada mengembangkan Aljada yang menyediakan pusat rekreasi dan hiburan baru untuk Sharjah seluas 24 juta kaki.

Selain menjadi pendiri dan pimpinan di KBW, Khaled juga menjabat sebagai pimpinan di perusahaan seperti Raimondi Cranes dan Arcadia Engineering yang berbasis di Rumania.

Khaled juga bermitra dengan LiteOn korea untuk mengembangkan teknologi LED pada lampu jalan tradisional di wilayah MENA.

Tak hanya bekerja, Khaled juga menjadi Ketua Dewan Pengawas Forum Bangunan Hijau Saudi. Lembaga ini merupakan salah satu organisasi non pemerintah di bawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa yang mengadvokasi pemangku kepentingan bisnis, pemerintgahan dan masyarakat sipil untuk memperjuangkan gerakan hijau di dunia dan memajukan pembangunan berkelanjutan di Arab Saudi.

Pada 2019 Khaled juga pernah ditunjuk sebagai Presiden Olahraga Saudi. Dia bertugas untuk mengajak warga negara lebih sehat dan aktif.

(kil/zlf)