5 Manfaat Ekonomi Kreatif bagi Masyarakat Indonesia dan Ciri-cirinya

Puti Yasmin - detikFinance
Rabu, 27 Jan 2021 19:15 WIB
Gubernur BI Agus Martowardojo menilai sektor ekonomi kreatif pada UMKM terus menjadi sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra: 5 Manfaat Ekonomi Kreatif bagi Masyarakat Indonesia dan Ciri-cirinya
Jakarta -

Pemerintah Indonesia tengah mendorong ekonomi kreatif sebagai penggerak pendapatan. Bahkan, ada tiga sektor yang menyumbang ekspor besar terhadap ekonomi Indonesia, yakni kuliner, fashion, dan kerajinan (kriya).

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kala itu Wishnutama pada acara soft lauching Karya Kreatif Indonesia 2020, Jumat (28/8/2020). Menurutnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat di tahun 2017 ketiga sektor itu menyumbang miliaran devisa bagi Indonesia.

"Menurut data BPS yang dikeluarkan Bekraf, 3 kontributor terbesar PDB ekonomi kreatif Indonesia pada tahun 2017 adalah dari sub sektor fashion sebanyak 41,4%, lalu kuliner 17,6% dan kriya hampir 15%. Ketiga sub sektor ini juga merupakan penyumbang ekspor Indonesia teratas yang pertama adalah fashion sebesar US$ 11.964 juta lalu kriya sebanyak US$ 6.000 juta (6 miliar), baru kuliner US$ 1.300 juta (1,3 miliar)," ungkap dia.

Nah, apa manfaat ekonomi kreatif bagi masyarakat Indonesia sebenarnya?

Ekonomi Kreatif dikutip dari 'EKONOMI KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL' karya Dr. Sopanah, SE, M.Si., Ak. CA., CMA., dkk:

  • Pengertian Ekonomi Kreatif

Secara umum, ekonomi kreatif adalah suatu konsep perekonomian di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas, dengan mengedepankan ide dan berbagai pengetahuan dari sumber daya manusia itu sendiri.

Kemudian, menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ekonomi kreatif adalah sebuah konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (2008) sendiri merumuskan ekonomi kreatif sebagai upaya pembangunan ekonomi secara berkelanjutan melalui cadangan sumber daya yang terbarukan.

Sehingga, pengertian ekonomi kreatif adalah konsep yang mengedepankan kreativitas, ide, dan pengetahuan manusia sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi di suatu negara dan akhirnya bisa mendunia.

  • Manfaat Ekonomi Kreatif

Industri dari ekonomi kreatif sangat diharapkan membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia. Selain itu, ada manfaat yang bisa didapatkan dari bidang ini, yakni

-Membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia
-Mengurangi pertumbuhan angka pengangguran
-Menciptakan masyarakat Indonesia yang kreatif dan inovatif
-Kompetisi aktivitas dunia bisnis yang lebih sehat
-Meningkatkan inovasi pelaku ekonomi kreatif di berbagai sektor

  • Ciri-ciri Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif dapat diketahui dari berbagai ciri-ciri di bawah ini

-Kreasi intelektual

Dengan adanya kreasi intelektual, akan membuat suatu barang memiliki nilai jual yang tinggi. Oleh karena itu, baik kreativitas maupun keahlian dan juga talenta ini sebisa mungkin perlu ditingkatkan.

-Mudah digantikan

Setiap produk memiliki siklus hidup. Sehingga kreativitas dan inovasi harus terus dikembangkan agar dengan mudah tercipta produk-produk baru yang mengikuti perkembangan aktivitas ekonomi dan bisa diterima oleh pasar.

-Penyediaan langsung dan tidak langsung

Penyediaan langsung dan tidak langsung sangat dibutuhkan saat barang akan dipasarkan pada konsumen. Maksudnya, bisa dipasarkan langsung atau tidak langsung kepada pelanggan.

-Butuh kerja sama

Untuk terciptanya manfaat ekonomi kreatif dibutuhkan kerja sama antara pihak-pihak yang bersangkutan, misalnya antara pengusaha dan pemerintah yang mengatur kebijakan.

-Berbasis pada ide

Ide merupakan hal utama yang dibutuhkan dalam pengembangan industri kreatif. Dengan begitu, ada banyak produk baru yang tercipta dengan berbasis ide baru.

-Tidak terbatas

Produk ekonomi kreatif harus tidak terbatas. Bahkan, produk diharapkan bisa dipakai di berbagai bidang usaha di Tanah Air.

Selamat belajar manfaat ekonomi kreatif!

(pay/erd)