Wamendag Ungkap Besarnya Potensi Bisnis Game Online

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 28 Jan 2021 12:48 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga
Foto: dok kemendag
Jakarta -

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengungkapkan, banyak produk Indonesia yang bisa dikembangkan ke depannya. Salah satunya game online yang memiliki potensi pasar yang besar.

Ia pun mencontohkan, Korea Selatan dan China yang telah mengembangkan potensi game online tersebut.

"Kalau kita lihat potensi game online itu luar biasa berkaca negara lain seperti Korea Selatan, Tiongkok dan seterusnya, itu mereka mempunyai pasar dan mempunyai potensi nilainya itu mungkin jutaan dolar," katanya dalam Economic Forum, Kamis (18/1/2021).

Dia mengatakan, Indonesia punya potensi tersebut dan bisa dikembangkan. Ia mengatakan, belum lama ini mengunjungi salah produsen game online yang ternyata memiliki banyak pengikut dan komunitas.

"Beberapa waktu lalu kita datang ke kreator game online itu 100% karya anak bangsa, orang kita sendiri yang buat dan itu mereka sudah banyak memiliki followers dan mereka mengadakan kompetisi yang artinya mempunyai komunitas dan itu membuat orang mendownload game online tersebut," paparnya.

Sebagai gambaran, Jerry menjelaskan, orang yang akan bermain tentu akan mendownload game yang biasanya gratis. Namun, begitu orang menyukai game tersebut maka ia rela membeli fitur-fitur dalam game tersebut.

"Memang murah 1 dolar atau mungkin Rp 10 ribu- Rp15 ribu tapi bayangkan yang membeli fitur itu 1 juta, 10 juta orang bahkan mungkin 50 juta itu bisa dilihat nilainya," katanya.

Negara-negara lain seperti Korea Selatan bisa mengkapitalisasi potensi game online ini. Menurutnya, game online memiliki potensi yang besar.

"Berkaca pada Korea Selatan dan lain bisa mengkapitalisasi dari situ, kalau kita pahami definisi ekspor bisa keluar masuk barang produk dan jasa, game online masuk di dalamnya, dan itu memberikan penghasilan dan juga manfaat yang luar biasa," katanya.

(acd/zlf)