Tolak Miskin

Podcast: Menyingkap Wajah Asli VTube (Bersama Tongam L Tobing)

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 09:15 WIB
Podcast: Menyingkap Wajah Asli VTube (Bersama Tongam L Tobing)
Foto: Tim Infografis/Luthfy Syahban
Jakarta -

Sejak dinyatakan ilegal oleh Satgas Waspada Investasi (SWI) pada Juni 2020, PT Future View Tech atau VTube saat ini masih terus beroperasi. Padahal kegiatan VTube masih belum mendapatkan izin dan dilarang karena tidak memenuhi sejumlah rekomendasi yang disyaratkan.

Di media sosial masih banyak orang-orang yang mempromosikan VTube dengan embel-embel keuntungan besar hanya dengan menonton iklan di aplikasi VTube. Sejumlah member di salah satu grup media sosial bahkan memberi klarifikasi terhadap status dari SWI tersebut untuk meyakinkan bahwa Vtube adalah bisnis yang legal dan menguntungkan.

Di lain hal, Vtube saat ini disebut masih melakukan koordinasi dengan Satgas Waspada Investasi (SWI) terkait legalitas dan perizinannya.

Lalu bagaimana sebenarnya operasional VTube ini? Benarkah dia adalah investasi yang berbahaya buat masyarakat, dan seperti apa penelusuran SWI terhadap kegiatan VTube sejauh ini?

Dengarkan obrolan lengkapnya di podcast terbaru Tolak Miskin minggu ini 'Menyingkap Wajah Asli VTube', bersama Ketua SWI Tongam L Tobing. Klik widget di bawah ini untuk mendengarkan atau temukan Tolak Miskin di Spotify.

(eds/eds)