Elon Musk Kecam Discord Gegara Batasi Transaksi Saham GameStop

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 14:12 WIB
Elon Musk Ngopi Mars
Foto: Twitter/Istimewa
Jakarta -

Bos produsen mobil listrik Tesla, Elon Musk mengecam aplikasi forum diskusi Discord karena melarang grup Reddit yang telah memicu reli besar-besaran di saham GameStop, AMC, dan saham lain yang sebelumnya tidak menarik.

WallStreetBets, ruang obrolan Reddit untuk investor ritel dihapus dari layanan Discord minggu ini.

"Bahkan Discord telah menjadi perusahaan ..." demikian kicauan Musk dilansir dari New York Post, Jumat (29/1/2021).

Namun, Discord membantah telah melarang WallStreetBets yang anggotanya mengandalkan Discord untuk mengobrol secara real time karena alasan keuangan, melainkan karena terus mengizinkan konten yang penuh kebencian dan diskriminatif setelah peringatan berulang kali.

Discord mengatakan WallStreetBets telah berada di radarnya untuk beberapa waktu karena pelanggaran konten dan telah mengeluarkan banyak peringatan sebelum melarangnya.

Jutaan anggota baru berbondong-bondong ke halaman Reddit WallStreetBets dalam beberapa hari terakhir setelah Musk memposting tautan ke grup di Twitter pada hari Selasa, bertuliskan: 'Gamestonk !!'

Dalam tweet Discord-nya, Elon Musk merujuk pada video game Cyberpunk 2077 di mana pemain memilih tiga 'jalur kehidupan' untuk karakter mereka: Corpo, Streekid atau Nomad, dengan Corpos yang diasosiasikan dengan komersialisme kejam.

Salah satu pengikut Twitter Musk bertanya apakah dia Streekid atau Nomad. Dia menjawab: "Pengembara," sebuah klan yang menghargai keluarga di atas segalanya.

"Discord menyambut berbagai macam diskusi keuangan pribadi, dari klub investasi dan pedagang harian hingga mahasiswa dan penasihat keuangan profesional," kata perusahaan itu dalam pernyataannya.

"Kami memantau situasi ini dan jika ada dugaan aktivitas ilegal, kami akan bekerja sama dengan pihak berwenang," kata perusahaan lebih lanjut.

(toy/eds)