Saham American Airlines Jadi Sasaran Berikutnya Investor Reddit?

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 12:00 WIB
Aircraft, Aircrafts, American Airlines, plane, planes, Livery, Exterior
Foto: Dok. American Airlines
Jakarta -

Saham American Airlines (AAL) melonjak lebih dari 10% pada Rabu pagi setelah satu diskusi di subforum Reddit, WallStreetBets (WSB) mengajukan pertanyaan, "AAL next GME?". Hal itu menyusul keberhasilan investor Reddit yang berhasil melambungkan harga saham GameStop.

"Pikiran AAL sangat pendek ketika semua maskapai lain tidak," tulis seorang pengguna. "Ayo ambil roti ini wsb !!", demikian dikutip dari FOX Business, Jumat (29/1/2021).

The Verge melaporkan pada Selasa malam bahwa forum telah memutuskan untuk beralih ke privat daripada bersifat publik karena meningkatnya aktivitas.

Namun, sebelum peralihan terjadi, seorang pengguna menjawab bahwa menurutnya saham American Airlines bagus.

Pengguna lain menimpali dengan setuju, menulis "Mungkin bisa mencapai US$ 30 besok dengan pasar ini. Saya ragu pedagang besar akan membiarkan kesempatan ini melewati mereka lagi," tulisnya.

Tetapi tidak semua orang di forum setuju bahwa maskapai tersebut akan menjadi taruhan yang aman.

"Lakukan apa yang Anda inginkan dengan uang Anda, tetapi AAL jauh lebih besar dari GME (GameStop)," kata pengguna tersebut.

"Maskapai penerbangan menunjukkan pendapatan yang buruk sejauh ini dan besok bisa berdampak buruk bagi orang Amerika. Jangan lupa bahwa GME dan AMC dimulai dengan kabar baik," sambungnya.

American Airlines yang sahamnya ditutup naik lebih dari 6% pada hari Rabu di US$ 16,56 dijadwalkan melaporkan pendapatan kuartal keempat pada hari Kamis. Seperti para pesaingnya, Amerika telah berjuang keras karena pandemi virus Corona (COVID-19) telah merusak permintaan perjalanan udara.

Seorang juru bicara American Airlines tidak segera membalas permintaan komentar FOX Business.

Diskusi tentang Reddit muncul ketika CFRA Research mengubah rekomendasinya pada saham American Airlines untuk menahan dari penjualan yang kuat dan menaikkan target harga menjadi US$ 19 dari US$ 8.

"Kami pikir saham berisiko tinggi untuk salah satu tekanan pendek yang didorong investor ritel baru-baru ini yang kami lihat terjadi," tulis analis CFRA Colin Scarola dalam catatan kliennya.

American Airlines adalah maskapai penerbangan utama AS yang paling pendek, dengan sekitar 171,3 juta dari 610,8 juta sahamnya yang beredar, atau sekitar 28%, saat ini dijual pendek.

Sebagai perbandingan, minat short-seller untuk saham United Airlines, Southwest Airlines dan Delta Airlines semuanya di bawah 5%, dengan United sekitar 4,4%, Southwest 2,9%, dan Delta 2%.

American Airlines telah menjadi target potensial terbaru dalam bidikan investor amatir setelah pengguna Reddit bersatu untuk membeli saham GameStop.

(toy/eds)