Intip Geliat Bisnis Perlengkapan Sepeda di Tengah Pandemi

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 31 Jan 2021 13:49 WIB
Meski CFD masih belum diberlakukan sejumlah warga tampak asyik bersepeda di kawasan Ibu Kota. Seperti apa potretnya?
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengatakan di pertengahan tahun 2020 penjualan sepeda mengalami peningkatan hingga 4 kali lipat bila dibandingkan dengan penjualan tahun lalu.

Kondisi ini menjadi gambaran bagaimana suburnya industri ini seiring dengan meningkatnya tren gowes di tengah pandemi. Hasilnya, bukan hanya bisnis jual beli sepeda saja yang ketiban untung, bisnis jual beli onderdil dan aksesoris sepeda juga ikut menggeliat.

Salah satunya seperti yang dirasakan Happy Bike, penyedia perlengkapan dan aksesoris gowes yang berlokasi di Jl RS Fatmawati No 15 Kompleks Golden Plaza No.37.

"Mengikuti kesuksesan toko-toko retail dan memiliki pengetahuan tentang pasar sepeda, kami mulai mengimport spare part dan aksesoris sepeda dari Taiwan pada tahun 1995 hingga sekarang," kata Michale, Selaku Direktur Happy Bike.

Apalagi, menurut ITDP (The Institute for Transportation and Development Policy) peningkatan pengguna sepeda saat ini terjadi hingga 10 kali lipat bila dibandingkan sebelum masa pandemi virus Corona.

Peluang ini yang dimanfaatkan Happy Bike untuk menyediakan produk terbaik dan berkualitas dari merek-merek kelas dunia, diantaranya: MAXXIS, Cat Eye, BETO, KMC, CST, BnbRack, VELO, MXL.

"Termasuk layanan perbaikan dan perawatan sepeda yang ditangani oleh para mekanik terlatih. Saat ini Happy Bike sudah melayani lebih dari 200 dealers di seluruh Indonesia, mengimport dari Taiwan, China dan Jepang. Perusahaan sendiri mengalami dampak kenaikan drastis dari perbandingan total penjualan 2019, kenaikan omset sampai 190% di tahun 2020," ujar dia.

Bagi kalian yang sedang mencari produk perlengkapan bersepeda, MXL Bicycle Parts Indonesia baru saja mengeluarkan banyak varian product berkualitas, seperti Helmet, wheelset, Crank, Jersey dan masih banyak equipment dan aksesoris sepeda lainnya yang mendukung kenyamanan bersepeda anda.

Tersedia juga satu Set Wheelset tipe DISC MXL Dibandrol dengan harga Rp 2.100.000, 20 inci, berbahan Aloy dan berjari-jari stainless serta memiliki berbagai varian warna.

MXL juga tersedia di Modern Market seperti AEON Sentul, BSD, JGC serta Transmart Cempaka Putih, Lebak Bulus, Cibubur dan Yasmin.

Penjualan secara grosir juga sudah lebih dari 200 dealer yang telah bekerja sama dengan Happy Bike diseluruh Indonesia Secara Online, product-product MXL juga dapat di cek di Instagram @mxlsports.id, dan website happybike.co.id.

Untuk mempermudah dan memperluas jangkauan para konsumen pecinta sepeda, Happy.bike juga sudah merambah marketplace terbesar di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Lazada.



Simak Video "Melancarkan Peredaran Darah, Salah Satu Manfaat Bersepeda, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)