Jack Ma Dicoret dari Daftar Pengusaha Oleh Pemerintah China

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 02 Feb 2021 14:27 WIB
China Perintahkan Jack Ma untuk Rombak Bisnis Ant Group (Getty Images/AFP/P. Lopez)
Jack Ma/Foto: Getty Images/AFP/P. Lopez
Jakarta -

Nama Jack Ma dicoret dari daftar pemimpin perusahaan top di China dalam media terbitan pemerintah. Hal ini disebut sebagai salah satu tanda penghinaan yang menegaskan bahwa pendiri Alibaba itu sangat dibenci oleh golongan pemerintah China.

Dilansir Reuters, Selasa (2/2/2021), pengusaha paling terkenal di China ini tidak disebutkan dalam artikel halaman depan yang diterbitkan oleh Shanghai Securities News.

Sebaliknya, Ren Zhengfei dari Huawei Technologies, Lei Jun dari Xiaomi Corp, dan Wang Chuanfu dari BYD dipuji atas kontribusinya.

Artikel itu diterbitkan pada hari Selasa ketika Alibaba juga akan melaporkan pendapatan kuartalan terbaru. Raksasa e-commerce itu tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Jack Ma sendiri mulai 'dimusuhi' pemerintah sejak pidatonya pada 24 Oktober tahun lalu. Dalam pidatonya, dia mengecam sistem peraturan China yang menyebabkan penangguhan IPO dari Grup Ant, beberapa hari sebelum perusahaan raksasa fintech itu berencana melantai di bursa saham.

Regulator sejak itu meluncurkan penyelidikan anti-trust ke sektor teknologi dengan Alibaba. Sementara itu, peraturan yang lebih ketat untuk Ant Group juga sedang dipertimbangkan.

Jack Ma, kemudian menghilang dari publik selama tiga bulan, memicu spekulasi tentang keberadaannya. Namun pada akhirnya, dia muncul kembali dalam penampilan video 50 detik.

Shanghai Securities News menyebutkan beberapa pengusaha yang masih masuk dalam daftar dalam artikel itu adalah sekelompok perusahaan yang menghormati aturan pembangunan dan mematuhi aturan pasar.

Simak Video: Jack Ma yang Kalem di Kemunculan Perdananya Usai Menghilang

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)