Ngerasa Bisnis Nggak Maju-Maju, Kurang Hoki atau Gimana Sih?

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 03 Feb 2021 09:13 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Percaya atau tidak dalam berbisnis faktor hoki atau keberuntungan juga berperan dalam kesuksesannya. Akan tetapi, ternyata hoki tadi sebenarnya bisa diciptakan sendiri lho!

"Saya termasuk orang yang percaya tapi belum tentu saya benar. Tapi begini faktor luck itu pasti ada, tapi yang paling penting kita yang bertanggung jawab menciptakan luck itu, gitu loh," ujar Coach Bisnis sekaligus Owner & Managing Director of GRATYO Business Versity, Ferry Dafira dalam program d'Mentor detikcom, Selasa (2/2/2021).

Lalu, bagaimana cara menciptakan hoki atau keberuntungan tadi?

Menurut Ferry cara paling tepat menciptakan keberuntungan dalam berbisnis adalah meningkatkan wawasan dan kemampuan dalam berbisnis itu sendiri. Tanpa kedua modal tersebut, diberi keberuntungan sebesar apapun malah bisa membuat Anda rugi karena tidak siap secara pribadi.

"Bagaimana kita menciptakan luck itu, yaitu dengan mempersiapkan diri kita dengan skill kita yang baik, ya karena income kita berbanding lurus dengan skill kita saat ini. Kalau skill kita belum nyampe percuma kita minta tuhan kasih kita rame," katanya.

Ia mencontohkan seorang pebisnis pemula baru buka restoran dengan 2/3 chef dan 3 pelayan. Tiba-tiba langsung diserbu 100 pelanggan secara bersamaan di waktu makan siang. Bukannya beruntung, hal ini tentu menjadi malapetaka buat pebisnis tadi.

"Bisa serving mereka tepat waktu nggak? Bisa memberikan yang terbaik nggak buat mereka? Tidak bisa! Yang ada orang kecewa pulang lama pelayanannya, segala macam. Akhirnya karena ketidaksiapan kita menerima berkat jadi kerugian buat kita," katanya.

"Jadi luck, keberuntungan itu kita yang nyiptain sendiri kalau menurut saya, kita bisa ciptain dengan mempersiapkan skill kita, knowledge kita dengan baik," sambungnya.



Simak Video "Karyawan Tapi Pengusaha"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)