Luhut Sebut Teka-teki Direksi LPI Terjawab Pekan Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 03 Feb 2021 13:35 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan dewan direksi Lembaga Pengelola Investasi (LPI) sudah bisa terbentuk pada pekan ini. Sementara pekan lalu dirinya sudah melantik 5 orang yang dipilih menjadi Dewan Pengawas.

"Direktur segera dan saya minta agar paling lambat minggu depan (red: minggu ini) itu sudah juga terbentuk dan setelah itu langsung bekerja tancap gas sesuai yang sudah kita rencanakan," tuturnya di Istana Negara, Rabu pekan lalu (27/1/2021).

Pada kesempatan berbeda, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan direksi lembaga dana abadi tersebut paling cepat diumumkan pekan ini, namun bisa saja pekan depan.

"Jadi, saya harap minggu ini atau di minggu depan kita dapat mengumumkan terhadap BOD (board of director/dewan direksi) dari otoritas investasi di Indonesia. Kita percaya bahwa mereka bisa mendapatkan yang terbaik untuk menjalankan organisasi ini," kata dia dalam webinar Mandiri Investment Forum, Rabu (3/2/2021).

Belum lama ini beredar nama-nama calon bos lembaga dana abadi Indonesia ini. Mulai dari Gita Wirjawan, Rizal Gozali, Arief Budiman, Thomas Trikasih Lembong, Pandu Patria Sjahrir.

Gita Wirjawan sebelumnya pernah menjabat sebagai kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Menteri Perdagangan pada Kabinet Indonesia Bersatu di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pria kelahiran 21 September 1965 ini menggemari jazz sejak usia 13 tahun.

Rizal Gozali merupakan managing director Credit Suisse. Credit Suisse merupakan salah satu investment bank yang berasal dari Swiss.

Kemudian Arief Budiman yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero). Pria kelahiran 1974 ini sekarang menjabat sebagai komisaris PT Pertamina EP Cepu. Thomas Trikasih Lembong sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Kepala BKPM.

Pandu Patria Sjahrir yang merupakan komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI). Pandu merupakan anak dari ekonom Sjahrir sekaligus keponakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Saksikan juga video 'Jokowi Lantik Dewan Pengawas LPI':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/ara)