Bos Baru Amazon Andy Jassy Tuai Pujian Investor dan Eks Karyawan

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 04 Feb 2021 09:21 WIB
Andy Jassy
Andy Jassy/Foto: CNBC
Jakarta -

Raksasa e-commerce Amazon mengumumkan Andy Jassy yang menggantikan kedudukan Jeff Bezos di kursi CEO. Sementara Bezos akan menjadi Ketua Eksekutif. Terpilihnya Jassy menuai pujian dari investor dan mantan karyawan Amazon

Dikutip dari CNBC, Kamis (4/2/2021) Seperti mantan Eksekutif Media Digital Amazon, Bill Car memuji Jassy soal kemampuannya dalam sistem komputasi awan.

"Begini, dia dan timnya telah menemukan kategori baru yang disebut komputasi awan, kategori yang pada tahun 2004 tidak ada yang mengira bahwa Amazon akan memiliki hak untuk berpartisipasi dalam hal semacam itu. Itu akan menjadi tempat Oracle atau IBM atau Microsoft, dan Anda tahu dia menciptakan sukses besar," katanya.

Menurut Car, selama 20 tahun Jassy mendampingi Bezos, dia adalah pemimpin yang inventif, teliti, serta detail dalam berbisnis. Car optimistis bahwa Jassy bisa menjadi pemimpin yang hebat untuk Amazon.

"Jadi dia adalah pemimpin yang sangat inventif dan dia adalah pemimpin yang sangat berorientasi pada detail yang menyelami semua detail penting dari bisnisnya. Dia tahu cara mengelola dan dia operator yang cerdas, dia akan menjadi pemimpin yang hebat untuk perusahaan," jelasnya.

Pujian juga datang dari mantan Wakil Presiden Amazon, Tim Bray. Dia menilai Jassy akan menjadi pemimpin yang detail serta skeptis untuk bisnis dan akan lebih agresif.

"Saya pernah berada di ruangan bersama Andy Jassy ketika kami melakukan presentasi besar yang mendetail tentang rencana kami untuk tahun yang akan datang. Dia berkata 'terdengar pintar, apakah Anda cukup agresif? Apakah kamu cukup cepat? Jika saya memberi Anda dua kali lebih banyak, apa yang dapat Anda lakukan? Jadi menurut saya, Andy Jassy adalah orang yang sangat agresif," katanya.

Salah satu investor Amazon juga buka-bukaan memuji Jassy. Direktur Pelaksana dan Analis Senior di Jefferies, Brent Thill memuji Jassy karena pertumbuhan bisnis cloud di Amazon.

"Ini bukan hal yang mengejutkan. Jassy jelas menjalankan bisnis AWS ke salah satu bisnis perangkat lunak terbesar di planet ini. Ini adalah sebagian besar profitabilitas Amazon," katanya

"Saya tidak berpikir banyak yang akan berubah. Jelas, Jassy individu perangkat lunak yang sudah saya kenal selama lebih dari 20 tahun, kami semua senang karena ini adalah visibilitas yang berulang. Kami pikir ke depannya akan membuktikan bahwa Amazon akan terus membelanjakan uang secara agresif untuk melawan Microsoft dan Google," tambahnya

Investor Fast Money CNBC, Guy Adami mengatakan bahwa kedudukan Jassy sebagai CEO baru Amazon di kuartal yang baru ini akan mendorong saham Amazon lebih tinggi

Simak Video "Andy Jassy, Sang Jawara Komputasi yang Bakal Gantikan Jeff Bezos":

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)