Perusahaan Kertas Cucu Pendiri Sinar Mas Menang Sengketa Bisnis di Brasil

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 04 Feb 2021 20:50 WIB
Ilustrasi sidang (Reuters)
Foto: Reuters
Jakarta -

Paper Excellence BV yang berbasis di Belanda memenangkan gugatan arbitrase atas akuisisi pabrik kertas Eldorado Brasil Celulose SA. Paper Excellence sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh Jackson Widjaja, cucu mendiang Eka Tjipta Widjaja sang pendiri Grup Sinar Mas.

Sengketa tersebut telah berjalan lebih dari 2 tahun, atau tepatnya bermula pada September 2018. Pabrik kertas Eldorado Brasil Celulose SA itu diakuisisi Paper Excellence dari J&F Investimentos SA yang berbasis di Brasil.

Dilansir dari Reuters, Kamis (4/2/2021), awalnya, pada September 2017 J&F Investimentos SA telah sepakat untuk menjual Eldorado kepada Paper Excellence senilai US$ 2,8 miliar atau sekitar Rp 36 triliun (kurs Rp 13.200 pada September 2017), dan sepakat untuk menerima harga penuh dalam setahun. J&F Investimentos SA adalah induk dari Eldorado.

Namun, pemilik J&F Investimentos SA sekaligus Eldorado Brasil Celulose SA yakni kakak-beradik Joesley dan Wesley Batista membatalkan kesepakatan menjual perusahaan itu kepada Paper Excellence.

Perusahaan milik Batista bersaudara itu berargumen bahwa Paper Excellence tidak mematuhi persyaratan untuk akuisisi. Merespons itu, Paper Excellence pergi ke pengadilan, dan pengadilan mengirim keputusan ke arbitrase.

Menurut perusahaan milik cucu Eka Tjipta itu, J&F telah sengaja menghindari penyelesaian akuisisi Eldorado karena harga pulp naik setelah kesepakatan itu ditandatangani.

Setelah berproses lebih dari 2 tahun, akhirnya Paper Excellence akhirnya memenangkan sengketa tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, Jackson Widjaja atau yang memiliki nama lengkap Michael Jackson Widjaja adalah anak dari Teguh Ganda Widjaja, putra tertua dari Eka Tjipta.

Lini bisnis kertas milik grup Sinar Mas berada di bawah Asian Pulp & Paper (APP) yang kini dikelola oleh anak-cucu Eka Tjipta. Di bawah APP, ada 3 perusahaan kertas yakni PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, dan PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry. Ketiga perusahaan itu diwariskan kepada Teguh Ganda Widjaja.

Pada tahun 2007 grup Sinar Mas mendirikan Paper Excellence di Vancouver, Kanada melalui Jackson Widjaja. Perusahaan tersebut telah berkembang, dan kini memiliki cabang di negara lainnya yakni Belanda dan Brasil.



Simak Video "Polri Gelar Perkara Awal Dugaan TPPU Bos Sinarmas Kamis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(vdl/dna)