Terpopuler Sepekan

Awas! Banyak Masker Ilegal Dijual di Medsos

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 06 Feb 2021 13:15 WIB
Lemons on grey wooden background
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Masyarakat Indonesia saat ini banyak yang gemar mengkonsumsi masker kecantikan. Alasannya sederhana yaitu karena ingin mempercantik wajah hingga bersinar. Namun, bagi masyarakat perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi masker kecantikan.

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya telah menggrebek industri rumahan yang memproduksi masker kecantikan di kawasan Jati Asih, Bekasi Kamis lalu (28/1/2021). Tim menggrebek industri rumah tersebut karena tidak memiliki izin BPOM.

Dikutip dari PMJ News, Senin (1/2/2021), tim mengamankan beberapa pack masker kecantikan ilegal yang sudah siap diedarkan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengimbau masyarakat apabila ada yang menggunakan masker tersebut dan memberikan dampak kepada wajah agar segera melapor.

Tim sendiri mengamankan tersangka utama yakni CS. CS memproduksi masker wajah dengan merek Yoleskin, Acone, NHM dan Youra.

"Sampai saat ini tersangka utamanya sudah kita dapat, pemiliknya CS. Kemudian ada beberapa tersangka karyawan-karyawan yang lain, karena yang ini masih kami dalami peran-perannya, siapa yang membuat, dari mana belajar, kemudian bahan kimia ini dibeli dari mana. Karena dampak pada orang yang menggunakan dampaknya apa, nanti akan kami dalami," kata Kombes Yusri di Jatiasih, Bekasi Kota, Jumat lalu (29/1/2021).

"Karena dampaknya bisa merusak, imbauan bagi masyarakat, khususnya ibu-ibu, karena yang biasa memakai masker ini perempuan," sambungnya.

Lebih lanjut, masker kecantikan bahan berbahaya itu dijual oleh pelaku di wilayah Jawa secara online melalui media sosial. Pihak kepolisian saat ini masih mendalami kasus tersebut.

Atas perbuatannya tersebut pelaku dikenakan Pasal 196 Subsider pasal 197 Jo Pasal 106 Undang Undang Republik Indonesia No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, dengan ancaman pidana penjara selama 15 tahun.

Simak Video: Polisi Gerebek Pabrik Kosmetik Ilegal di Bekasi

[Gambas:Video 20detik]



(hek/eds)