Alarm Jusuf Kalla: Kasus COVID-19 April Bisa Tembus 2 Juta

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 09 Feb 2021 07:00 WIB
Founder & Chairman CT Corp, Chairul Tanjung resmi dilantik menjadi dewan kehormatan PMI 2019-2024. Berikut foto-foto momennya.
Foto: Muhammad Ridho

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Vaksin Merah Putih buatan dalam negeri bakal rampung di kuartal IV-2022. Saat ini proses pengerjaannya masih terus berjalan.

"Kita terus juga bekerja sama dengan Kemenristek dan Kementerian Kesehatan dalam penemuan Vaksin Merah Putih," kata dia.

Kementerian BUMN, lanjut Erick terlibat lewat PT Bio Farma (Persero). Perusahaan farmasi milik negara itu bekerja sama dengan 7 institusi dan 6 universitas.

"Kami Kementerian BUMN melalui Bio Farma sudah melakukan kerja sama dengan 7 institusi di mana salah satunya lembaga Eijkman dan 6 universitas," sebutnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu, mengatakan jika berjalan sesuai rencana maka Vaksin Merah Putih akan rampung di kuartal IV tahun depan.

"Kalau memang benar nanti seed daripada vaksinnya sudah benar-benar kami terima di Bio Farma, di kuartal I tahun 2022 kita melakukan uji klinis, semoga juga nanti di uji klinis yang terakhir yaitu di kuartal III tahun 2022, sehingga di kuartal IV 2022 kita sudah mempunyai Vaksin Merah Putih sendiri," tambah Erick.

Halaman

(toy/eds)